Jumat, 3 Mei 2024

Trio Musisi Prancis Tutup Printemps Français 2016

Diunggah pada : 1 Juni 2016 12:10:03 4

Jatim Newsroom-Trio musisi Prancis, Ensemble Trielen siap menutup Printemps Français 2016 yang berlangsung mulai 3 Mei – 2 Juni 2016, dengan karya istimewa hasil kolaborasi dengan kelompok musisi asal Surabaya, String Orchestra of Surabaya (SOOS).

Rencananya, konser penutupan festival yang diselenggarakan Institut Prancis di Indonesia (Institut Français Indonesia/ IFI) ini digelar di Grand Ballroom Sheraton Hotel Surabaya, Kamis (2/6) besok.

            Penanggungjawab Budaya dan Komunikasi IFI Surabaya, Pramenda Krishna Rabu (1/6) mengatakan, di Indonesia, kelompok ini pernah tampil dalam konser bersama musisi berbakat lokal di Jogjakarta (27 dan 28 Mei).

Dikatakannya, sejak beberapa tahun pelaksanaan festival, di Surabaya, kesempatan kolaborasi pertamakali terjadi di tahun ini, Padahal Ensemble Trielen juga tampil memukau di Surabaya pada festival  tahun lalu. “Mereka senang untuk bekerjasama dan IFI mengundang kelompok musisi muda berbakat, SOOS, yang hadir menyaksikan konser tersebut, untuk berkolaborasi dengan mereka tahun ini,” katanya.

            Ensambel Trielen adalah trio alat musik tiup (klarinet, obo dan basson) karena kekhasannya mendapatkan tempat yang istimewa di panggung musik ensambel. Pada Printemps Français 2015, ensambel ini melakukan tur di Indonesia. Mereka kembali tahun 2016 ke Yogyakarta dan Surabaya untuk mempererat hubungan dengan beberapa musisi Indonesia yang sempat terjalin saat kunjungan pertama. “Selain menyiapkan konser kolaborasi, Ensambel Trielen pada Selasa, kemarin memberi workshop musik di SMA Kristen Petra 1 Surabaya,” tutur. Krishna.

Sementara itu, SOOS didirikan musisi kakak beradik Shienny dan Finna Kurniawati pada Maret 2013. Setelah menimba ilmu di luar negeri, mengikuti berbagai kegiatan musik di dalam dan di luar negeri serta mengajar. Shienny dan Finna memutuskan untuk meningkatkan standard permainan musik klasik untuk alat musik gesek atau string pada umumnya dan biola pada khususnya.

            Konser pertama SOOS yaitu Musical Journey yang diadakan di Gedung De Javasche Bank Surabaya di bawah guest conductor Avip Priatna dari Jakarta. Selain itu SOOS juga menggelar Concert Orchestra pada tanggal 25 September 2013. Seri Musical Journey ini berlanjut ke Musical Journey 2 Voice of Strings di Ciputra Hall Surabaya di bawah guest conductor Addie MS dari Twilite Orchestra Jakarta pada tanggal 25 Maret 2015.

SOOS juga sukses menggelar final series dari Musical Journey concert yaitu Musical Journey 3 : a Classical Night pada tanggal 25 Mei 2016 lalu sebagai konser penutup dari rangkaian Musical Journey, dengan guest conductor Addie MS.

SOOS aktif dalam berbagai concert antara lain an Evening Concert yang diselenggarakan di Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya, French Spring Concert di Sheraton Ballroom Surabaya, UNICEF Charity Concert Music is a new hope, Klasik Asik 2015 di Gedung Societed Taman Budaya Yogyakarta berkolaborasi dengan Young Musical Fantasy dan f-hole string orchestra serta Magical Music Night for Cancer Awareness Community Charity Concert. Pada konser kolaborasi dengan Ensemble Trielen, SOOS akan tampil dengan 17 musisi alat musik gesek.(hjr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait