Sabtu, 27 April 2024

TERAKREDITASI A, PERPUSTAKAAN UINSA TETAP KOMITMEN TINGKATKAN KUALITAS LAYANAN

Diunggah pada : 6 Oktober 2015 15:58:09 48

Jatim Newsroom- Perpustakaan Nasional (Perpusnas) memberikan Akreditasi A pada Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) di Gedung Balai Pemuda Surabaya. Meski mendapat nilai tertinggi, Perpustakaan UINSA tetap berkomitmen meningkatkan kualitas layanan pada mahasiswa dan masyarakat.

Kepala Perpustakaan UINSA, Sirajul Arifin mengatakan, prestasi tersebut merupakan hasil dari kerja keras seluruh staf pengelola perpustakaan dan civitas akademika UINSA. “Kami tidak akan berpuas diri dan akan terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan. Hal seperti ini justru menjadi tantangan tersendiri bagi kami,” terang Arifin, Selasa (6/10) di UINSA

Ia menjelaskan, perguruan tinggi memiliki tugas mengarahkan mahasiswa untuk mahir melaksanakan Tri Dharma yakni pengajaran, pengabdian, dan penelitian. Salah satu komponen untuk menunjang aktivitas tersebut diperlukan perpustakaan yang nyaman, lengkap, dan pelayanan prima. “Jika perpustakaan menjadi tempat yang menyenangkan akan semakin banyak pengunjung. Tentu juga merangsang mahasiswa agar semakin giat membaca dan menambah wawasan. Perpustakaan adalah jendela pengetahuan dunia,” terangnya.

Selain itu, perpustakaan harus bisa mengemas layanan dalam bentuk yang lebih menarik. Hal ini dinilai penting, karena era teknologi komunikasi dan informasi semakin berkembang, sehingga sebagian masyarakat lebih memanfaatkan smart phone atau mengakses internet untuk mengetahui sebuah pengetahuan. “Sudah banyak perpustakaan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mempermudah pengunjung mencari buku,” tambahnya.

Selain Perpustakaan UINSA, terdapat enam perpustakaan lain di Jawa Timur yang menerima sertifikat Akreditasi A. Enam perpustakaan tersebut diantaranya Perpustakaan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Surabaya, Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Perpustakaan Universitas Merdeka Malang, Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo, dan Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) 23 Surabaya. (luk)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait