Teken MoU, ITS Dipercaya Bantu Tingkatkan Kapabilitas SDM Kota Tangerang

UMUM | 23 Feb 2021 08:01:06 PM

Teken MoU, ITS Dipercaya Bantu Tingkatkan Kapabilitas SDM Kota Tangerang

 Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng

Jatim Newsroom, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus berupaya meningkatkan kerja sama yang lebih inovatif dan bermanfaat. Kali ini, melalui penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang secara virtual, Selasa (23/2), ITS mendapat amanah untuk meningkatkan kapabilitas guru-guru sekolah dasar dan menengah di daerah tersebut.
 
Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng dalam sambutannya menyatakan, kerja sama ini merupakan sebuah kesempatan yang luar biasa karena dampak yang dirasakan pun akan mengarah pada hal yang lebih baik. "Dimulai dengan keikutsertaan dalam program bantuan peningkatan proses pembelajaran ini, kami berharap seterusnya bisa memperlebar kerja sama dengan Pemkot Tangerang," tutur rektor yang kerap disapa Ashari ini.
 
Dalam meningkatkan proses pembelajaran, ITS akan menyajikan pelatihan bagi para guru yang mengajar di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang masih merupakan tanggung jawab langsung Pemkot. Menurut inisiator program kerja sama ini, Prof Hamzah Fansuri MSi PhD, pelatihan akan diadakan untuk guru bidang studi Matematika dan IPA. 
 
"Tidak hanya terbatas dalam kedua bidang studi tersebut, tetapi juga akan tersedia pelatihan bidang teknologi informasi dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah," ungkap Dekan Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) ITS tersebut.
 
Lebih lanjut, Hamzah menjelaskan, kerja sama ini berawal dari kegiatan pengabdian masyarakat dana mandiri oleh dosen Departemen Kimia ITS untuk melatih guru-guru SMP non-Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Tangerang dalam proses pembelajaran Kimia. Kegiatan yang dipimpin oleh Hamzah dan Dr Triyanda Gunawan tersebut telah dilaksanakan pada akhir tahun 2020 lalu. "Dengan materi yang disampaikan meliputi konsep-konsep dasar ilmu Kimia dan Kimia dalam kehidupan sehari-hari untuk level SMP," papar guru besar bidang Ilmu Kimia ini.
 
Akan tetapi, imbuh Hamzah, kegiatan tersebut masih belum dinaungi oleh payung hokum. Sehingga pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKPSDM) Pemkot Tangerang berinisiatif untuk membuat MoU guna menaungi kegiatan kerja sama pada masa mendatang. "Pada akhirnya, disepakati nota kesepahaman yang berlaku selama tiga tahun ke depan dan masih dapat diperpanjang batas waktunya," tutur Hamzah.
 
Adapun nota kesepahaman tersebut melingkupi beberapa hal, salah satunya adalah penyusunan desain program dan kebijakan pembangunan serta kajian pengembangan sarana prasarana di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, terdapat poin yang mengutamakan pengembangan komunikasi dan teknologi informasi dalam jejaring kerja sama pengembangan sumber daya manusia di Kota Tangerang.
 
Sehingga pada kerja sama ini, diharapkan dosen-dosen dari FSAD ITS dapat turun langsung dalam program pelatihan para guru. Sementara itu, fakultas ataupun unit lain yang berkaitan dengan perencanaan, sistem informasi, dan teknologi informasi pun dapat membantu memberikan sosialisasi yang mendukung proses pembelajaran. 
 
"Setelah kesepakatan ini ditandatangani, kami akan segera melaksanakan kegiatan pelatihan guru-guru Matematika jenjang SMP dan kegiatan pelatihan perencanaan pembangunan daerah," urai Hamzah menutup penjelasannya. (Mad)


 

Views 6520
Web Statistic