Jumat, 26 April 2024

Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak, Unusa Bentuk Kader 'Gertak Kita'

Diunggah pada : 23 Mei 2019 21:48:24 28

Jatim Newsroom- Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), membentuk beberapa Kader untuk mengawal kesehatan ibu dan anak melalui Gerakan Serentak Kesehatan Ibu dan Balita (Gertak Kita), Gerakan ini bertujuan akhir untuk meminimalisir angka kematian ibu dan balita. 
 
Kegiatan yang diberi nama Gertak Kita ini telah membentuk kader-kader guna menyukseskan program ini. Para kader merupakan warga kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya.
 
Dekan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Unusa, Yanis Kartini, M.Kes mengatakan, Gertak Kita tersebut sekaligus mengimplementasikan program Pemerintah, tentang Indonesia sehat melalui keluarga. 
 
"Jadi dengan adanya Gertak Kita ini, Gerakan Serentak Kesehatan Ibu dan Balita ini, diharapkan Indonesia jadi sehat, melalui ibu, melalui anak," ujarnya saat Pelantikan Kader Gertak Kita Di Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya, Kamis (23/5/2019).
 
Yanis mengaku, angka kematian ibu juga masih tinggi. Jadi melalui kesehatan reproduksi itu diharapkan nanti, bisa mengurangi angka kesakitan, maupun angka kematian ibu," jelasnya. 
 
Sementara itu, Kepala Puskesmas Kebonsari, Surabaya, dr. Reyner mengungkapkan, kerjasama dengan Unusa ini bukan yang pertama, sudah sering Unusa berkolaborasi dengan menempatkan mahasiswanya membantu Puskesmas. 
 
"Programnya banyak sekali, seperti keperawatan, kebidanan, itu magangnya juga di Puskesmas kami," akunya. 
 
Lebih jauh Lurah Kebonsari, Heri Sumargo mengapresiasi program Gertak Kita yang digagas oleh Unusa tersebut, serta melibatkan masyarakat yang peduli dengan kesehatan, melalui Laskar Gertak. 
 
"Terkait dengan program Unusa ini saya berharap tidak berhenti sampai disini, nanti ada berkesinambungan jadi ada pembinaan," pintanya. (Mad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait