Jumat, 26 April 2024

Taman Kirana Jadi Inovasi RSUD Dr Soetomo Bantu Penyembuhan Pasien Kanker

Diunggah pada : 17 Oktober 2017 8:21:20 84

Jatim Newsroom – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo berinovasi dengan membangun taman kirana di tengah-tengah ruang rawat pasien kanker. Selain berfungsi sebagai ruang publik, taman kirana juga dapat membantu penyembuhan pasien.

Direktur RSUD Dr Soetomo, Harsono mengatakan pasien kanker memang membutuhkan obat untuk menyembuhkan penyakit, namun perlu juga didukung dengan lingkungan yang nyaman, tentram dan membahagiakan. Hal tersebut secara kesehatan dan psikologis turut mempercepat proses penyembuhan.

“Mereka kalau berobat disini (RSUD Dr Soetomo, red) bisa sampai tiga hingga empat minggu. Upaya ini Insya Allah akan meningkatkan imunitas (kekebalan) tubuhnya sehingga pasien cepat sembuh,” kata Harsono, pada Jatim Newsroom, dikonfirmasi Selasa, (17/10).

Taman kirana, sambungnya, dirancang khusus untuk orang-orang yang memerlukan terapi paliatif.  Di taman yang diresmikan oleh Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Jatim, Nina Soekarwo ini, terdapat track kerikil, yang berfungsi untuk pijat refleksi. Ada juga pepohonan yang rindang untuk memberikan kesejukan bagi para pengunjung di siang hari.

Lebih lanjut, ia menjelaskan orang sakit tidak hanya membutuhkan obat kimiawi, namun juga membutuhkan suntikan semangat. Untuk itu, RSUD Dr Soetomo juga menyediakan fasilitas  hospital schooling khusus untuk pasien anak-anak. Hospital schooling diharapkan dapat mengisi waktu luang anak-anak dengan kegiatan belajar dan bermain.

Seperti diketahui, selain taman kirana, RSUD Dr Soetomo juga membangun empat taman lain, diantaranya Taman Bermain Kirana, Taman Toga Medika, Kirana Hospital Scholing, dan Taman Balita. Taman Kirana dan Taman Bermain Kirana diambil dari nama asli Ketua YKI Jatim yang juga istri Gubernur Jawa Timur, Nina Kirana Soekarwo.

Ketua Masyarakat Paliatif Indonesia (MPI) Urip Murtedjo, secara langsung memilih nama kirana sebagai nama taman di rumah sakit terbesar di Indonesia Timur. Menurutnya,  penamaan tersebut terinspirasi dari dedikasi, semangat dan kerja keras Nina Soekarwo dalam membantu penyembuhan pasien kanker selama ini.

“Kami berharap anak-anak (pasien kanker, red) lebih termotivasi untuk sembuh setelah mendengar nama kirana,” tandasnya.(luk)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait