Kamis, 9 Mei 2024

Taiwan Ajak Unair Kerjasama Bidang Riset

Diunggah pada : 31 Agustus 2016 16:00:49 3

Jatim Newsroom– Taiwan melalui Universitas Negeri Chung Hsing tertarik untuk bekerjasama dengan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya khususnya di bidang riset. Kerjasama akan ditindaklanjuti usai kunjungan Taiwan, Selasa (30/8).

Delegasi Universitas Negeri Chung Hsing yang berkunjung ke Unair diantaranya Vincentius Surya Kurnia Adi selaku Associate Professor Department of Chemical Engineering. Adi, sapaan akrabnya, merupakan tenaga pendidik di Universitas Negeri Chung Hsing yang berasal dari Indonesia. Ia mempunyai misi untuk mengenalkan kampus di Taichung Taiwan kepada beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

“Saya di sini sebagai perwakilan dari NCHU, tapi saya hadir di sini juga bicara potensi Taiwan dari perspektif orang Indonesia. NCHU merupakan Top Ranked Universitas di bidang agrikultural dan sains di Taiwan. Di sana banyak kekayaan alam yang bisa dipergunakan juga oleh mahasiswa Indonesia. Sayangnya, mahasiswa Indonesia belum begitu mengetahui ini,” papar Adi.

Ia menambahkan, NCHU memiliki potensi besar yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan penelitian mahasiswa maupun dosen. NCHU memiliki empat hutan buatan, dan dua perkebunan untuk mendukung kegiatan perkuliahan.

Kedatangan delegasi Universitas Negeri Chung Hsing disambut baik oleh Pelaksana Harian Wakil Rektor III Prof Hery Purnobasuki, Ketua International Office and Partnership Unair Dian Ekowati, perwakilan dari Direktorat Pendidikan Unair, Fakultas Hukum, Fakultas Sains dan Teknologi, serta Fakultas Kedokteran Hewan.

Ketua Lembaga Penelitian dan Inovasi Unair, Prof Hery mengatakan, kesempatan kerjasama dengan NHCU bisa digunakan dengan sebaik-baiknya oleh peneliti khususnya terkait kolaborasi riset maupun publikasi jurnal ilmiah internasional.

Senada dengan Prof Hery, Dian juga menuturkan bahwa ada potensi kerjasama yang baik antara Unair dan NHCU. Menurut Dian, Unair dan NHCU memiliki banyak kesamaan dari aspek program studi. Oleh karena itu, ia berharap agar fakultas bisa berkontribusi aktif terhadap hubungan Unair dan NHCU.Bidang kerjasama yang berpotensi bisa dilakukan adalah pertukaran mahasiswa atau summer course, dan kolaborasi penelitian.

“Harapannya, nanti kerjasama antar Unair dan NCHU bisa berjalan dengan baik dan berkelanjutan. Ini bisa membuat nama UNAIR bisa lebih dikenal di kancah internasional serta bisa memacu kesiapan kami untuk menyambut kerjasama kerjasama internasional yang akan datang,” tandasnya. (luk)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait