Simulasi Pertolongan Kecelakaan PMI Meriahkan Parade Senja 17 Mei

UMUM | 18 May 2019 03:04:34 PM

Simulasi Pertolongan Kecelakaan PMI Meriahkan Parade Senja 17 Mei

Foto : Pono JNR

Jatim Newsroom - Sebanyak puluhan personil dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya yang tergabung dalam posko petugas jaga PMI mempersembahkan simulasi pertolongan dan penanganan kecelakaan lalu lintas.

Tim yang terdiri dari tenaga medis dan para medis serta relawan memberikan tontonan edukatif bagaimana tata cara pertolongan pertama pada kecelakaan sesuai dengan standar operasional prosedur yang aman kepada masyarakat yang hadir menyaksikan atraksi unjuk gelar Parade Surya Senja (PSS) di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (17/05) sore.

Dalam narasi simulasi, personil yang bertugas di posko PMI Kota Surabaya selalu memonitor informasi dari Command Center 112. Tidak lama ada laporan dari warga telah terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan mobil dan sepeda motor, dalam peragaan ini ada korban dari pengendara sepeda motor maupun korban di dalam mobil.

Setelah petugas PMI tiba dan melakukan pemeriksaan ternyata ada 3 korban dan dilakukan evakuasi untuk mendapatkan perawatan di tempat aman dengan menggunakan terpal triage sesuai dengan kondisi korban, merah (gawat darurat), kuning (gawat tidak darurat) dan hijau (tidak gawat tidak darurat).

 Petugas dari posko PMI ini memperagakan bagaimana cara memberikan pertolongan pertama dan perawatan sesuai diagnosa awal dari luka yang dialami, langkah pertama pertolongan seperti melepas helm bagi pengendara sepeda motor dan fiksasi kepala dan memasang collar neck unjuk menstabilkan dan mengamankan leher karena mengalami kasus trauma.

Proses evakuasi menggunakan sked streacher yang berfungsi untuk mestabilkan korban agar tidak bergerak dan mengamankan bagian tubuh. Selanjutnya tindakan penghentian pendarahan, pemasangan oximetry untuk melihat kadar oksigen sampai pemasangan infus. Proses evakuasi korban dalam mobil, diperlihatkan cara pemindahan korban dengan menggunakan kendrick extrication device untuk mempertahankan kondisi korban hingga pemasangan papan spinal untuk menstabilkan seluruh tubuh dan memasang head block untuk menstabilkan kepala.

Untuk korban kondisi gawat darurat seperti sampai terjadi gasping (henti nafas) pertolongan pertama dilakukan bantuan nafas dan cardio pulmonary resuscitation, diperagakan juga pemasangan bag valve  mask untuk nafas buatan.

Dari atraksi simulasi ini, diharapkan dapat memberikan informasi dan edukasi prosedur pertolongan dan penanganan korban yang dilakukan oleh para petugas medis, para medis dan awam yang tergabung dalam tim petugas ambulance sebelumnya telah mengikuti pendidikan pelatihan dasar, pelatihan pertolongan pertama dan pelatihan pelayanan ambulance.

"Petugas yang diterjunkan ini telah memiliki kemampuan sesuai bidangnya, dan simulasi ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat, mereka telah berlatih dalam peragaan dari PMI Surabaya ini di acara Parade Senja sore ini" terang Koordinator Simulasi PMI Kota Surabaya, Dasa Warsia. (pno/p)

Views 2534
Web Statistic