Seniman Prancis Beraksi di Kampung Biru Malang

UMUM | 10 Aug 2018 06:50:28 PM

Seniman Prancis Beraksi di Kampung Biru Malang

Aksi Seniman asal Prancis, Mademoiselle Maurice di Kampung Biru Malang

Jatim Newsroom- Seniman asal Prancis, Mademoiselle Maurice, membuat karya street origami secara permanen di dinding Kampung Biru Malang dekat gang masuk sisi Embong Brantas.

Penanggungjawab Budaya dan Komunikas IFI Surabaya, Pramenda Krishna, di Surabaya Jumat (10/8) mengatakan, Origami selama ini dikenal sebagai “seni melipat kertas.” Tetapi di tangan seniman perempuan Mademoiselle Maurice, seni dari Jepang itu dikreasikan di atas dinding dengan berbagai macam bahan, termasuk limbah daur ulang.  Hal ini menjadi alternatif baru selain membuat mural untuk menghias dinding.

Kalau selama ini Malang dikenal dengan Kampung Warna-warni Jodipan, maka Kampung Biru adalah sebuah ikon baru yang lokasinya tepat berada di seberang Kampung Jodipan. Dinamakan “Kampung Biru” karena sekitar 500 rumah dan di setiap sudut jalan dicat dengan warna biru, warna kebanggaan Arema, sehingga kampung ini juga dikenal sebagai “Kampung Biru Arema” yang baru diresmikan Februari yang lalu.

Tentu saja, bukan kali ini saja  Maurice membuat karya street origami. Bahkan bukan hanya dinding vertikal aja yang menjadi sasarannya melainkan juga benda-benda keseharian, pelataran beton dan juga hamparan salju serta instalasi indoor. Karya-karya yang luar biasa ini diunggahnya melalui instagram dan situsnya: http://www.mademoisellemaurice.com/en/ .

Menurut Kresna, sebelumnya IFI Surabaya sudah mendatangkan Maurice untuk mengadakan workshop origami untuk anak-anak yang dilangsungkan di Malang. harapkan kehadiran street origami oleh seniman Prancis ini dapat menggugah seniman-seniman Malang atau Jawa Timur untuk tertantang kreativitasnya. (hjr)

Views 527
Web Statistic