Jumat, 26 April 2024

Sebanyak 500 Guru ikuti Pelatihan Dasar Olahraga

Diunggah pada : 22 Oktober 2018 4:57:00 29

Jatim Newsroom - Sebanyak 500 guru pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga (penjaskesor) dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menenga Atas (SMA) mengikuti pelatihan olahraga.

Pelatihan diselenggarakan oleh Kemenpora yang bekerjasama dengan Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Baposi) berlangsung 19-21 oktober di asrama haji Surabaya. Staf khusus Bidang Komunikasi dan Informasi Pemuda dan Olahraga Kemenpora, Anggia Ersha Rini M KM dalam sambutanya mengatakan, bahwa untuk menumbuhkan prestasi atau melahirkan atlet yang berprestasi tidak bisa di ujung jadi mulai dari hulunya dari pendidikan anak-anak atau usia dini yaitu dari sekolah tingkat dasar.

Begitu juga untuk membudayakan olahraga itu juga dari awal tidak langsung secara instan oleh karena itu peran guru olahraga di sekolah menjadi sangat penting atau sangat vital, peran guru olahraga di mata masyarakat di anggap remeh/sepele atau di pandang sebelah mata.

Pelatihan guru penjaskesor ini sangat penting untuk menimbulkan kreatifitas bagi guru penjaskesor agar bagaimana anak-anak didiknya senang berolahraga. Dari senang berolahraga akan menimbulkan kerinduan untuk berolahraga dan akhrnya timbul rasa sayang kalau tidak berolahraga dan akhirnya mempunyai budaya olahraga dan akhirnya muncul prestasi-prestasi olahraga bagi murid-murid. Proses untuk melahirkan atau mencetak atlet berprestasi itu panjang memang itu harus di lakukan untuk bisa melahirkan/mencetak atlet berprestasi. 

Harapan dari Kemenpora yaitu para guru penjaskesor ini senang dengan tambahan ilmu baru dan ketrampilan baru dari para pakar olahraga dari pusat dan Jatim yang nantinya bisa diterapkan dan dipraktekan di anak didiknya dan anak didik senang berolaharaga.

Ketua Panitia, Biasworo Adi Ika dari Bapopsi Jatim mengatakan maksud tujuan diselenggarakannya ini yaiu pengembangan kompetensi bagi tenaga keolahragaan khususnya bagi guru olahraga penjaskesor dan pelatih di sekolah, penerapan standarisasi kepelatihan olahraga tingkat dasar/pemula bagi guru olahraga penjaskesor dan pelatih di sekolah dan meningkatkan daya saing guru olahraga penjaskesor dan pelatih di sekolah untuk menjadi pelatih dasar.

Sasaran bagi peserta pelatihan pelatih olahraga bagi guru penjaskesor SD, SMP, dan SMA pelatihan olahraga di sekolah se kota Surabaya dengan sasaran 500 orang yang berasal dari guru penjaskesor dan pelatih olahraga klub usia dini se kota Surabaya. (her/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait