Jumat, 26 April 2024

Se-Indonesia, Jawa Timur Terbanyak Miliki Tes Cepat Molekuler

Diunggah pada : 21 Maret 2018 18:06:12 334

Jatim Newsroom - Warga Jawa Timur yang mengalami gejala TB kini tidak harus datang ke rumah sakit untuk memeriksakan diri. Beberapa Puskesmas sudah memiliki alat canggih dan mutakhir bernama Tes Cepat Molekuler (TCM).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur, Kohar Hari Santoso, mengatakan saat ini TCM sudah tersebar di 83 faskes di seluruh Jawa Timur. Alat khusus untuk memeriksa pasien TB tersebut merupakan hasil bantuan dari Kemenkes.

“Se Indonesia yang memiliki TCM terbanyak masih Jawa Timur, bahkan belum banyak dimiliki rumah sakit swasta. Harganya cukup mahal sekitar Rp 1 Miliar,” ungkap Kohar, Rabu, (21/3).

Selama ini, kata Kohar, pasien harus menunggu hingga dua hari lamanya untuk mengetahui hasil pemeriksaan karena menggunakan metode manual. Menggunakan TCM, hanya menunggu dua jam saja maka hasil sudah dapat diketahui.

“Dengan adanya TCM ini, kami berharap pelayanan terhadap pasien TB semakin baik. Masyarakat semakin sadar dan tidak ada lagi yang tertular penyakit yang menyerang paru-paru ini,” katanya. (luk) 

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait