Satgas Kesehatan Marinir Lepas Kepulangan 13 Pasien Sembuh dari Covid-19

UMUM | 07 Jul 2020 10:31:20 PM

Satgas Kesehatan Marinir Lepas Kepulangan 13 Pasien Sembuh dari Covid-19

Prosesi pelepasan pasien sembuh dari Covid-19 di RS Darurat Mall Pelayanan Publik Sidoarjo. Foto : Penpasmar II untuk Kominfo Jatim

Jatim Newsroom - Prajurit Pasmar 2 Korps Marinir bersama Tim dari Dinas Kesehatan Pemda Sidoarjo melepas kepulangan 13 pasien Covid-19 yang sembuh di RS Darurat Mall Pelayanan Publik (MPP) Lingkar Timur Sidoarjo, Selasa (7/7/2020). Pelepasan dipimpin oleh Danyonkes 2 Mar Mayor Laut (K) Abdul Haris selaku Wadansatgas bersama Kadinkes Sidoarjo Syaf Satriawarman.

Dari data terakhir tanggal 6 Juli 2020, sebanyak 86 pasien Covid-19 yang dirawat di Gedung MPP Lingkar Timur Sidoarjo. Sebanyak 13 pasien di antaranya dinyatakan sembuh dan dipulangkan ke rumah masing-masing. Meskipun sudah dinyatakan sembuh, 13 pasien tersebut harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Danyonkes 2 Mar mengatakan, pasien yang dinyatakan sembuh setelah menjalani pemeriksaan Swab dua kali terakhir secara berturut-turut dengan hasil negatif dan tidak ada lagi virus, sehingga tidak dapat lagi menularkan ke orang lain tapi prosedur pemulangan tetap diperhatikannya.

Mengenai pasien positif Covid-19 yang sembuh, kata dia, secara administratif dan legalitas, dinas terkait telah mengeluarkan surat keterangan kesehatan kepada pasien sembuh, sehingga, kepada masyarakat harus menerima dan tidak mengucilkan karena penyakit ini merupakan wabah, siapa saja bisa terkena.

Kadinkes Sidoarjo menyampaikan apresiasi kepada prajurit Pasmar 2 Korps Marinir dan Dinas Kesehatan Kab Sidoarjo atas keberhasilan dalam menangani pasien Covid-19. Dengan metode terapi psikologi serta memberikan motivasi kepada pasien yang selama ini dilakukan bertujuan untuk memberikan rasa nyaman dan gembira dalam masa penyembuhan.

“Kita sama-sama berdoa, semoga minggu depan semua pasien sembuh dan bisa pulang serta beraktifitas seperti biasa” pungkas Kadinkes Sidoarjo. Sebelum di antar pulang, pasien yang di nyatakan sembuh mendapatkan surat keterangan sehat dan bingkisan yang di serahkan oleh Danyonkes 2 Mar dan Kadinkes Sidoarjo kepada pasien yang sembuh. (afr/s)

Views 4774
Web Statistic