Jumat, 26 April 2024

Sambut HUT RI ke 74, PT KAI Daop 8 Siapkan 28 Ribu Tiket Gratis

Diunggah pada : 14 Agustus 2019 15:29:26 22

Jatim Newsroom - Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 74 PT KAI Daop 8 Surabaya pada tanggal 17 Agustus 2019 nanti memberlakukan tarif gratis pada perjalanan 46 Kereta Api Lokal/Komuter PSO (Subsidi). Total kapasitas daya angkut untuk angkutan gratis tersebut mencapai 28.652 penumpang selama satu hari.
 
Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, mengatakan tiket KA gratis digelar sekaligus sebagai sarana sosialisasi gerakan menggunakan transportasi massal. "PT KAI Daop 8 punya cara tersendiri untuk menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat terhadap kereta api, di antaranya memberlakukan tarif gratis pada tanggal 17 Agustus 2019," ujarnya kepada JNR Kominfo Jatim di sela sosialisasi tiket gratis, di stasiun Surabaya Kota, Rabu (14/8).
 
Promo tarif gratis itu di antaranya KRD Ekonomi relasi Sidotopo–Porong, KRD Ekonomi relasi Surabaya kota–Porong (PP), KRD Ekonomi relasi Surabaya Pasarturi–Lamongan (PP). KA Jenggala relasi Mojokerto–Sidoarjo (PP), KA Dhoho relasi Blitar – Kertosono – Surabaya kota (PP), KA Penataran relasi Surabaya kota-Malang–Blitar (PP), KA Penataran relasi Blitar–Surabaya Gubeng (PP) dan KA Tumapel relasi Malang–Surabaya kota.
 
Selanjutnya yang masuk program promo angkutan gratis, KA Tumapel relasi  Surabaya Gubeng–Malang, KA Ekonomi Lokal relasi Sidoarjo–SurabayaPasarturi-Bojonegoro (PP), KA Ekonomi Lokal relasi Surabaya Pasarturi–Bojonegoro (PP),  KA Ekonomi Lokal relasi Surabaya Pasarturi–Sidoarjo (PP) dan KA Ekonomi Lokal relasi Kertosono–Surabaya kota (PP).
 
Bagi masyarakat/calon penumpang yang ingin menikmati fasilitas ini, kata Suprapto, tetap wajib memiliki tiket dan tarif pada tiket nantinya diseting dengan tarif Rp 0. Pembelian tiket dengan tarif Rp 0 ini  hanya dilayani di loket stasiun keberangkatan penumpang secara go-show (penjualan langsung).
 
Sementara untuk kereta api yang melayani pemesanan khusus keberangkatan tanggal 17 agustus 2019, tidak bisa melayani pemesanan. Kuota tiket untuk masing-masing kereta api, sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum kereta api yang bersangkutan. Sedangkan para penumpang yang terlanjur membeli tiket dengan tarif normal, bea tiket bisa dikembalikan.
 
Proses pengembalian bea itu, menurut Manager  PT KAI Daop 8 dilakukan di stasiun kedatangan penumpang dan dilakukan secara tunai menggunakan bentuk 239 (Blanko dinas KAI).  Tiket atau boarding pass bagi KA yang telah memberlakukan boarding pass,dilampirkan pada bentuk 239 (Blanko dinas KAI).
 
Diharapkan Suprapto, fasilitas promo gratis KA Lokal / KA komuter PSO (subsidi) ini, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di wilayah Jawa Timur untuk menikmati suasana liburan. Pogram promo ini diharapkan bisa membantu masyarakat untuk mengunjungi tempat–tempat destinasi wisata di wilayah Jawa Timur.(ryo/s). 

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait