Rabu, 8 Mei 2024

RSMM Surabaya Buka Layanan LASIK

Diunggah pada : 25 Juli 2016 15:48:55 126

Jatim Newsroom- Rumah Sakit Mata Masyarakat (RSMM) Jawa Timur membuka layanan Laser Assisted In-situ Keratomileusis (Lasik) untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat.

 “Alat Lasik yang dimiliki RSMM adalah tipe terbaru seharga Rp 17 miliar,” kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim, Akhmad Sukardi saat Launching Layanan Lasik RSMM di Surabaya, Senin (25/7).

Dikatakannyaalat Lasik sangat mahal sehingga butuh eperator yang akhli, serta perawatan ekstra sehingga kondisi alat tetap prima tidak mudah rusak. "Jangan karena alat ini punya pemerintah maka seenaknya sendiri tidak pernah dibersihkan atau dirawat," tegas Sekdaprov.

Menurutnya, dalam memberikan layanan pada masyarakat, sebaiknya dokter tidak memilih-milih pasien dan tidak mengutamakan pendapatan pribadi. “Dokter perkerjaan mulia, karena membantu orang sakit. Semoga dengan alat baru bisa meningkatkan kinerja pelayanan RSMM,” tuturnya.

Mata dikatakan Sekdaprov adalah bagian paling penting dalam tubuh manusia sehingga butuh parawatan dan layanan ekstra dalam penanganannya. "Kalau orang disuruh memilih diamputasi tangan atau mata, maka pasti pilih tangan," katanya.

Kepala RSMM, dr Dyah Wiryastini MARS menambahkan, biaya Lasik dua mata sebesar Rp 14,8 juta untuk pasien non BPJS. “Saat ini layanan BPJS hanya sampai pada tahap pra Lasik saja, semoga kedepan BPJS bisa mencakup seluruh biaya Lasik hingga pasien sembuh, karena Lasik buka jenis perawatan kecantikan,” katanya.

Sementara Dokter Spesialis Mata RSMM, dr Gratina Yuningwati SPM menuturkan, ada beberapa tahapan sebelum pasien melaksanakan Lasik, diantaranya usia minimal 18 tahun dan kondisi kelainan mata tidak berubah-ubah minimal satu tahun terakhir. “Kalau dalam satu tahun kondisi mata baik itu min atau plus tetap maka bisa diLakukan Lasik.   

Saat ini menurutnya, RSMM memiliki lima ruang operasi. Yaitu empat ruang operasi umum dan satu ruang operasi khusus lasik.

Adanya Layanan Lasik diharapkan semakin memudahkan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang terjangkau. Dimana selama ini operasi lasik hanya bisa dilakukan di rumah sakit-rumah sakit tertentu di Surabaya. (hjr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait