Sabtu, 27 April 2024

PUPR Jembatan Gondang Manis Bandar Jombang Akan Dibangun Pada 2018

Diunggah pada : 24 Mei 2017 13:36:17 192

Jatim Newsroom - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjanjikan pembangunan jembatan permanen di Gondang Manis Bandar Kedungmulyo Jombang pada 2018.

Direktur Sungai dan Pantai Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Hari Suprayogi di dalam siaran persnya, Rabu (24/5) menyatakan sudah melakukan peninjauan langsung jembatan roboh lapangan di Desa Gondang Manis Bandarkedungmulyo Jombang, bersama Anggota DPR RI pada Selasa (23/5) sore.

Ia mengatakan, penanganan Jembatan Gondang Manis yang jebol beberapa waktu lalu akibat abrasi tanggul. Selain jembatan yang jebol, tanggul Sungai Konto berdekatan dengan titik jebolnya jembatan terdapat banyak sekali titik – titik yang rawan jebol. “Sementara kita tangani darurat dulu, sambil menunggu desainnya termasuk untuk jembatan permanennya kita usulkan pada 2018,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan jembatan permanen tidak bisa serta merta dilaksanakan tahun ini. Mengingat, prosesnya harus melalui kajian dulu, ditambah kondisi tanggul yang berpasir perlu hitungan yang matang. "Ya semuanya kan tak bisa serta merta tahun ini. Harus melalui tahapan kajian dulu. Tadi pak Kadesnya minta dibangunkan jembatan darurat dulu, agar anak- anak sekolah tidak harus turun ke sungai. Kalau itu mungkin bisa tahun ini,” ujarnya.

Setelah meninjau ke Gondang Manis, rombongan dari PUPR dan Anggota Komisi V DPR RI yang diwakili oleh Sadarestuwati juga mengunjungi proyek perbaikan tanggul Kali Gunting sisi barat di Desa Johoclumprit Sumobito Jombang.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua titik yang ditinjau ini beberapa bulan lalu mengalami terjadi bencana. Di Johoclumprit tanggul sisi timur jebol di dua titik sepanjang kurang lebih 15 meter dan 25 meter mengakibatkan banjir di daerah Curah Malang dan sekitarnya, sementara selang beberapa hari Jembatan Gondang Manis di Kali Konto runtuh hingga tak bisa dilewati warga. Keduanya masuk dalam kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas. (Pca)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait