Puncak HPN 2018 di Padang, Gubernur Jawa Timur Terima Pena Emas

UMUM | 09 Feb 2018 05:50:18 PM

Puncak HPN 2018 di Padang, Gubernur Jawa Timur Terima Pena Emas

Gubernur Jawa Timur, H Soekarwo menerima penghargaan Pena Emas yang disematkan oleh Menteri Komunikasi Dan Informatika, Rudiantara, pada puncak Hari Pers Nasional di Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2). Foto: Hendrik

Jatim Newsroom- Dihadapan Presiden Joko Widodo, Gubernur Jawa Timur, H Soekarwo menerima penghargaan Pena Emas yang disematkan oleh Menteri Komunikasi Dan Informatika, Rudiantara, pada puncak Hari Pers Nasional di Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2).

Ketua PWI Pusat Margiono yang juga penanggung jawab HPN 2018 mengungkapkan, bahwa Pena Emas merupakan anugerah tertinggi kepada figur yang dinggap memiliki jasa konkret bagi perkembangan pers nasional, khususnya bagi PWI dan anggotanya sebagai organisasi profesi wartawan di Tanah Air.

Pakde Karwo, kata dia, juga memiliki komunikasi yang baik serta berinisiatif banyak hal dalam memperkaya rubrik di pers nasional, baik media televisi, radio maupun cetak.

“Dalam catatan kami, apa yang telah dilakukan Pakde Karwo beliau memberikan ruang konkret bagi pers untuk berkembang. Tak hanya menjalankan pers sesuai fungsinya, tapi juga mengangkat persoalan isu di daerah sebagai perhatian publik menjadi istimewa,” katanya.

Sebelum menerima penghargaan tertinggi dari Persatuan Wartawan Indonesia/PWI. Pakde Karwo telah menyampaikan orasinya di Hall Dewan Pers, Jakarta, beberapa waktu lalu. Bahkan, Pakde Karwo mendapatkan predikat “cum laude” dari 16 panelis yang memberi penilaian.

“Penghargaan ini bukan hanya untuk saya, tetapi juga untuk masyarakat dan media Jatim. Sebab, komunikasi tidak sendiri, melainkan ada komunikator dan komunikan,” ungkapnya.

Menurutnya, keterlibatan media atau pers dalam pembangunan sangatlah penting. Oleh sebab itu, Pemprov Jatim membuka seluas-luasnya dialog interaktif dengan masyarakat melalui ruang publik yang difasilitasi media. Diantaranya melalui dialog TV dengan acara cangkrukan, ajang wadul, obrolan issue publik dan dialog-dialog khusus. Selain itu, juga sosialisasi program di Radio Suara Surabaya dan RRI Surabaya serta analisis konten media.

Selain Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Penghargaan Pena Emas juga diberikan kepada Bupati Tabalong Kalimatan Selatan. (mad)

Views 267
Web Statistic