Jumat, 26 April 2024

PU Bina Marga Jatim Lakukan Perbaikan Bahu Jalan Ruas Ponco – Jatirogo Tuban

Diunggah pada : 15 Januari 2021 16:53:02 49

Jatim Newsroom – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan (UPT PJJ) Bojonegoro melakukan perbaikan bahu jalan ruas Jalan Ponco - Jatirogo (Bts. Prov. Jateng) Link 146 Km. Perbaikan ini dilakukan ruas bahu di jalan tersebut mengalami longsor akibat banjir Bandang Sungai Nglirip pada, Selasa (12/1) lalu.

"Setelah melihat dan langsung ke lokasi pada Rabu (13/1) kemarin, kami estimasikan perbaikan ini memakan waktu tiga bulan. Kami juga terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mendukung penanganan longsoran ini," tegas Kepala UPT PJJ Bojonegoro Suhardono dikonfirmasi, Jumat (15/1).

Dikatakannya, sebelum dilakukan perbaikan ini pihak Bina Marga Jatim melakukan antisipatif dengan memasang rambu-rambu peringatan di area longsor tersebut. Kemudian UPT PJJ Bojonegoro akan melakukan penanganan longsoran dengan merekondisi tepi luar bahu jalan dan tembok penahan. Adapun konstruksinya  menggunakan pasangan bronjong/pasangan site pile. Hal ini guna mencegah agar kerusakan tidak semakin parah.

Ia juga menambahkan, pihak stakeholder dan para perangkat desa Mulyoagung kecamatan singgahan Kabupaten Tuban juga  mendukung penanganan longsoran pada bahu jalan di ruas jalan Ponco - Jatirogo. Salah satunya adalah BBWS Bengawan Solo yang akan melaksanakan normalisasi dan mengembalikan arah aliran Sungai Guwoterus untuk mengurangi beban aliran air.

Seperti diketahui, Hujan lebat yang melanda Kabupaten Tuban pada Selasa (12/1) malam lalu telah menyebabkan banjir bandang pada Sungai Nglirip. Derasnya aliran sungai mengakibatkan longsornya bahu jalan pada ruas Jalan Ponco - Jatirogo (Bts. Prov. Jateng) Link 146 Km. Sbaya 135+500.

Kelongsoran yang terjadi pada bahu jalan di ruas jalan tersebut sepanjang 35 meter, lebar 13 meter, dengan kedalaman 8 meter. Selain itu, juga terdapat area rawan longsor sebelah timur sepanjang 25 meter. Peristiwa longsor ini segera ditindaklanjuti oleh DPU Bina Marga Prov. Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan (UPT PJJ) Bojonegoro. (pca)



 

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait