Peringati Isro' Mi'roj 1440 H, Gubernur Jatim Sampaikan Sholawat Jadi Penyemai Damai

UMUM | 02 Apr 2019 07:45:54 AM

Peringati Isro' Mi'roj 1440 H, Gubernur Jatim Sampaikan Sholawat Jadi Penyemai Damai

Foto: Prima JNR

 

Jatim Newsroom - Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Pemprov Jatim melakukan Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1440 H. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung Islamic Center Surabaya, Senin (1/4) malam.

Kegiatan peringatan diawali dengan istighotsah pembacaan tahlil kubro serta  sholawat oleh Majelis Maulidur Roudlotul Salaf pimpinan Habib Umar Assegaf. Kegiatan terasa istimewa dengan lantunan sholawat yang dikarang oleh Imam Busyiri dari Syekh Abdullah dari Mesir dan pembacaan doa dari Syekh Maulana Afifuddin Al Jaelani dari Bagdad Irak, yang merupakan cucu ke 11 dari Syekh Abdul Qadir Jailani. Syekh Afifuddin juga memberikan ceramah agama melalui penterjemah.

Dihadapan ribuan jamaah yang sebagian besar ibu-ibu Muslimat NU Surabaya dan undangan lainnya, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pembacaan lantunan sholawat ini bisa menjadi penyemai damai bagi bangsa Indonesia terutama dalam pelaksanaan Pemilihan Umum, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legeslatif pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Khofifah yang berbusana putih-putih ini berpesan untuk menciptakan suasana damai dalam pesta demokrasi ini, perbedaan pilihan tidak boleh mengorbankan persatuan fenomena saling memaki dan menang sendiri harus dihindari, gejala ini munculnya berita hoaks dan ujaran kebencian seraya mengutip teori post truth yang bermakna setelah kebenaran muncul era semburan kebohongan atau ujaran kebencian.

"Lantunan sholawat Nabi ini jadi penyemai damai dalam melaksanakan pemilu, mengantarkan ketenangan hidup, kedamaian dan saya mohon pada tanggal 17 April nanti bismillah ke TPS, nggih" ungkapnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Heru Tjahjono melaporkan Peringatan Isra'Mi'raj 27 Rajab, yang menjadi agenda kegiatan PHBI Provinsi Jatim setiap tahunnya diharapkan bisa memberikan hikmah bertambahnya iman, bagi para undangan yang hadir termasuk dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).  Dalam kegiatan itu, undangan yang hadir berasal dari ASN Pemprov  Jatim, TNI dan Polri serta jamaah lainnya. (pno)

Views 889
Web Statistic