Jumat, 26 April 2024

Percepat Pelayanan, Gubernur Khofifah Puji Aplikasi TACS Polda Jatim

Diunggah pada : 30 Juni 2020 12:18:02 45

Jatim Newsroom - Ditlantas Polda Jatim melaunching aplikasi berbasis web Traffic Accident Claim System (TACS). Aplikasi yang dapat digunakan untuk mempercepar proses birokrasi saat korban kecelakaan melakukan klaim asuransi itu mendapatkan apresiasi dan pujian dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.
 
"Inovasi TACS ini merupakan sinergitas dari empat hal penting. Pertama ada sistemisasi dalam Polri yang protomoter, persiapan menuju new normal, penguatan kebutuhan Indonesia menuju era 4.0, dan bagaimana memberikan kecepatan, ketepatan dan percepatan layanan pada masyarakat," kata Khofifah saat sambutan launching di Mapolda Jatim, Selasa (30/6/2020).
 
Menurutnya, mempermudah pelayanan bagi masyarakat melalui TACS itu seiring dengan program Pemprov Jatim yang CETTAR (Cepat, Efektif dan Efisien, Tanggap, Transparan, Akuntabel dan Responsif). Ia meminta agar program TACS bisa menggandeng lebih banyak rumah sakit (RS) hingga puskesmas agar menjangkau masyarakat lebih luas.
 
"Artinya bahwa CETTAR yang menjadi tagline kerja kami di pemprov, kami mendapatkan energi luar biasa dari diluncurkannya TACS. Di semua lini, ini sesuatu yang diharapkan masyarakat. Hari ini di tengah pandemi COVID-19 ada pikiran out of the box yang muncul. Pikiran out of the box ini muncul dari Ditlantas Polda Jatim," ungkapnya.
 
Kapolda Jatim, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran menjelaskan, TACS sudah melakukan MoU dengan 139 RS di Jawa Timur. "Di Jatim ada 139 RS. Ke depan puskesmas yang bisa melakukan rawat inap bisa melakukan sistem ini. Aplikasi ini memudahkan masyarakat korban lantas mendapatkan klaim asuransi Jasa Raharja yang tercover BPJS agar mendapatkan layanan kesehatan," jelasnya.
 
Fadil berharap aplikasi ini bisa menekan angka fatalitas akibat kecelakaan. Selain itu, ia menyebut korban laka lantas bisa lebih dipermudah untuk melakukan klaim asuransi Jasa Raharja hingga BPJS.
 
Menurut Kapolda, inovasi TACS itu juga menjadi spesial saat dilaunching pada akhir Juni. Pasalnya, esok pada 1 Juli merupakan HUT Bhayangkara. "TACS ini merupakan hadiah pada masyarakat di Hari Bhayangkara ke-74. Mudah-mudahan masyarakat makin terlayani dalam menghadapi new normal," pungkasnya.(afr/s)
 

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait