Penguatan Hubungan Dagang, Pemprov Maksimalkan 25 Kantor Perwakilan

UMUM | 10 Sep 2019 09:57:48 AM

Penguatan Hubungan Dagang, Pemprov Maksimalkan 25 Kantor Perwakilan

Foto : Audi JNR

Jatim Newsroom - Kantor Perwakilan Dagang (KPD) Jawa Timur di 25 provinsi di Indonesia diharapkan akan menjadi bagian dari penguatan hubungan dagang antara Pemprov Jawa Timur dengan provinsi-provinsi yang lain di Indonesia.

Gubernur Jawa Timur, Khofifiah Indar Parawansa saat memberikan sambutan Pada Acara Dinner Peserta Rakernas Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) XXIX d Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (9/9) malam mengatakan, kantor perwakilan akan menjadi bagian dari penguatan semua dari berdagang pendekatan ekonomi maka akan terbangun untuk bisa melihat bahwa budaya Indonesia Indah luar biasa.

“Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) yang saya minta menjadi komandan untuk melakukan penjajakan penguatan kantor perwakilan dagang antara Pemprov Jawa Timur dengan provinsi-provinsi yang lain di Indonesia,” ujarnya.

Kata Gubernur, Jawa Timur saat ini mempunyai 25 kantor perwakilan dagang di 34 Provinsi di Indonesia. Jawa Timur juga akan memperkuat perwakilan kantor perwakilan dagang di Jayapura dan diharapkan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Jawa Timur dan Papua mendukungnya.

Disampaikannya, ketika pendeta Daniel Presiden dari Manokwari ke sini juga beberapa para pendeta dari Jayapura, Manokwari dan Sorong ke Jawa Timur yang disampaikan sama. Antara lain adalah kantor perwakilan dagang Jawa Timur baru ada di Sorong. “Kami ingin juga melakukan penguatan kantor perwakilan dagang Jawa Timur dengan Papua Barat dengan berkantor di Manokwari,” ujarnya.

Provinsi Jawa Timur sudah mengirimkan tim  penjajakan penguatan untuk pembukaan KPD di Sorong dan Manukwari. Kemudian Jawa Timur juga akan memindahkan KPD Kalimantan Timur (Kaltim) dari Balipapan ke Kutai Kertanegara atau ke Panajam Pasir Utara dan atau ke Samarinda. Pemindahan KPD tersebut karena Kaltim telah diputuskan Presiden dan DPR untuk menjadi calon Ibu kota Republik Indonesia. Diharapkan IWAPI Jawa Timur dan Kaltim siap mendukung pemindahan KPD Jawa Timur tersebut.

Disampaikannya bahwa Indonesia memiliki 714 suku bangsa ketika, presiden Afghanistan datang ke Jakarta bertanya kepada Presiden Jokowi. Bagaimana cara menggandeng seluruh akar budaya bangsa Indonesia yang 714 itu menjadi bagian dari kekuatan kebhinekaan. Karena di Afghanistan kata Presiden Afghanistan hanya ada 7 suku bangsa, ternyata untuk bisa membangun Sinergi Harmoni di antara 7 suku bangsa tidak mudah.

Semua 714 suku bangsa di Indonesia hidup berdampingan dengan baik dan Harmoni salah satunya adalah peran dari seluruh perempuan-perempuan perkasa di Indonesia yang salah satunya adalah IWAPI yang luar biasa.

Kata dia, pada Dinner ini suasananya sangat indah sekali saudara-saudara dari Papua rasanya mendapatkan ruang yang luar biasa diacara ini. Melihat indahnya budaya Papua ketika dipersonifikasikan pada pakaian yang dominan muncul pada malam hari. “Saya menyampaikan terima kasih dan saudara-saudara kita semua dari Papua dan Papua Barat Selamat datang di Jawa Timur Saya ingin menyampaikan Jawa Timur  adalah rumah kita semua,” pungkasnya.

Diakhir sambutanya Gubernur mengucapkan terima kasih dan selamat dan sukses kepada IWAPI yang akan mengadakan Rakernas. Kepada peserta Rakernas IWAPI silahkan belanja yang banyak di Jawa Timur. Kalau mau cari batik, di Madura macam-macam batik, kalau mau cari kuliner makanan bebek sinjay juga ada rawon setan di Surabaya. (ryo/p)

Views 2067
Web Statistic