Pemkab Banyuwangi - PTPN XII Garap UMKM Coklat

UMUM | 07 Apr 2021 07:58:51 PM

Pemkab Banyuwangi - PTPN XII Garap UMKM Coklat

Jatim Newsroom - Kabupaten Banyuwangi sejak dahulu terkenal menjadi penghasil coklat  terbaik dunia. Perkebunan Kendeng Lembu yang dikelola PTPN XII adalah salah satu perkebunan kakao unggulan. Kakao yang menjadi bahab baku pembuatan coklat ini telah diekspor ke Jepang, Jerman, Perancis, Italia, Amerika Serikat, Malaysia dan negara lainnya.

Melihat potensi ini, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan PTPN XII bekerjasama melakukan pembinaan sektor UMKM yang berbahan dasar kakao atau coklat.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Festiandani mengatakan kerjasama antara pihaknya dengan PTPN XII ini tiada lain dilakukan untuk mendorong pemberdayaan masyarakat sekitar perkebunan sekaligus untuk memberikan kesempatan UMKM olahan coklat menjadi mitra binaan PTPN XII, sehingga bisa memberikan kesejahteraan juga sebagai upaya pemulihan ekonomi sektor mikro dari dampak pandemi Covid 19 di Banyuwangi.

"Warga masyarakat yang tingga di sekitar perkebunan kakao yang dikelola oleh PTPN XII harus terus diberdayakan bisa melalui UMKM-UMKM olahan coklat sehingga bisa meningkat kesejahteraan dan upaya pemulihan ekonomi. PTPN XII salah satu dari BUMN yang ada di Banyuwangi ini bagian penting dalam pemulihan ekonomi di Banyuwangi" terang Ipuk, Selasa (06/04).

Dijelaskan, ia telah bertemu dengan Direktur PTPN XII, Siwi Peni dalam Festival Doesoe Kakao yang merupakan destinasi rumah coklat yang berada di sekiatar Perkebunan Kendeng Lembu Glenmore. Ia memberikan apresiasi karena kakao yang selama menjadi komoditas ekspor juga telah dikembangkan untuk menjadi bahan olahan makanan minuman dari coklat ini dan produk oalahan coklat dari  UMKM ini telah memenuhi lapak-lapak pusat oleh-oleh di sekitar destinasi wisata.

"Berharap kedepannya olahan makanan minuman dari coklat ini bisa terus dikembangkan dan variasinya diperbanyak oleh para UMKM karena coklat ini tetap menarik untuk dinikmati sembari berharap PTPN XII juga terus melakukan kemitraan pembinaan kepada UMKM coklat ini di Banyuwangi. (pno)



 

Views 6228
Web Statistic