Sabtu, 27 April 2024

Pelindo III Berencana Membangun Dua Pelabuhan Baru

Diunggah pada : 21 Juli 2017 18:05:41 5

Jatim Newsroom- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III berencana membangun dua pelabuhan yaitu di Banyuwangi dan Lombok dengan nilai investasi Rp 4,68 triliun pada tahun ini.

VP Corporate Communication Pelindo III, Widyaswendra mengatakan investasi bakal dikucurkan perseroan untuk membangun dua pelabuhan baru dan mengembangkan pelabuhan-pelabuhan yang sudah ada. "Yang benar-benar baru adalah ekspansi di Gili Mas (Lombok) dan Boom Marina Banyuwangi," ujarnya,di Surabaya,Jumat (21/7).

Dia menjelaskan, ekspansi Pelindo III di infrastruktur pariwisata merupakan strategi untuk menangkap peluang dari arus kunjungan wisatawan mancegara yang terus menanjak. Dalam periode 2012-2016, arus penumpang kapal pesiar meningkat 55% menjadi 126.374 penumpang.

Sementara itu, dalam enam bulan 2017, Pelindo III mencatat arus kunjungan kapal pesiar sebanyak 70 call atau naik 345 secara tahunan. Kendati demikian, jumlah penumpang turun 12% (yoy) menjadi 49.345 orang seiring perubahan tren kunjungan kapal yang beralih beralih dari kapal kelas medium menjadi kapal kelas kecil.

Secara khusus, berdasarkan studi yang telah dilakukan, potensi kunjungan kapal pesiar di Terminal Gilimas saja akan mampu mencapai lebih dari 50 call per tahun. "Sebagai salah satu destinasi wisata favorit, Lombok memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang cukup baik, khususnya dalam hal kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara," jelasnya.

Selain ekspansi di infrastruktur pariwisata, Pelindo III juga bakal mengembangkan fasilitas di pelabuhan yang sudah ada guna menyokong kawasan industri dan sektor energi. Di Lombok, Pelabuhan Gili Mas juga ini bakal dilengkapi fasilitas wisata di samping lapangan peti kemas yang bisa menampung 200.000-300.000 kontainer.

Pengembangan zona peti kemas dinilai bisa mendongkrak ekonomi Lombok dan sekitarnya yang menjadi penopang kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika. Rencananya, Terminal Gili Mas bakal dilengkapi dua crane dengan kapasitas 24 boks per jam dengan panjang dermaga 480 meter.

Di Semarang, Pelindo III mengembangkan Terminal Kalibaru Barat. Terminal curah kering itu bakal terintegrasi dengan kawasan industri di Semarang. Senada, di Pulau Laut, Kalimantan Selatan, Pelindo III menyiapkan Pelabuhan Mekar Putih untuk mendukung KEK Mekar Putih yang tengah dalam proses pengusulan seluas 942 hektare. Untuk ekspansi curah cair di Mekar Putih, Pelindo III menggandeng PT Pertamina (Persero) dan PT Adaro Energy Tbk.

Widyaswendra menerangkan, perseroan juga bakal ekspansi di terminal energi sejalan dengan program penyediaan listrik 35.000 megawatt. Untuk itu, Pelindo III akan membangun fasilitas pelabuhan energi di sembilan lokasi mencakup Pelabuhan Banjarmasin, Maumere, Kalabahi, Wini, Pelabuhan Kupang, Lembar,Bima,Badas, dan Celukan Bawang

Di sisi lain, untuk mendukung pemerataan ekonomi di Kawasan Timur Indonesia, Pelindo III bakal pengembangan terminal penumpang di sebelas lokasi pelabuhan. Perseroan juga tengah melakukan penjajakan untuk memanfaatkan 15 pelabuhan yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan. (mad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait