Jumat, 26 April 2024

Pangkoarmada II Pimpin Apel Khusus Pasca Lebaran

Diunggah pada : 21 Juni 2018 15:18:43 2

Jatim Newsroom - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Didik Setiyono memimpin pelaksanaan apel khusus dilanjutkan dengan Halal Bihalal seluruh Prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Mako Koarmada II. Acara digelar di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya, Kamis (21/6).

Dalam amanatnya, Pangkoarmada II menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018 M kepada seluruh Prajurit dan ASN Mako Koarmada II yang merayakannya. “Meskipun hidup keseharian kita di dalam dinas tertata dalam sistem dan lingkungan kehidupan kemiliteran yang secara formal menerapkan Reward and Punishment, namun kita semua tetaplah sebagai insan hamba Tuhan yang memiliki keterbatasan, sesuai kodratnya tidak terlepas dari dosa dan kesalahan," jelasnya.

“Dari perspektif dosa, pada hakekatnya menyangkut hubungan manusia dengan Tuhan, sehingga ibadah puasa Ramadhan yang penuh rahmat dan ampunan menjadi sarana untuk membersihkan dosa-dosa itu. Sedangkan dari perspektif kesalahan, pada hakekatnya menyangkut hubungan antar manusia, sehingga acara halal bihalal ini merupakan sarana yang tepat untuk saling memaafkan," kata Pangkoarmada II.

Lebih lanjut, Laksda TNI Didik Setiyono juga mengatakan bahwa, dengan ibadah puasa Ramadhan yang telah dilaksanakan hendaknya dapat mengambil hikmah, untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kedinasan maupun di lingkungan masyarkat. Kebiasan baik yang sudah dijalankan selama bulan Ramadhan harus tetap dipertahankan dan dijadikan pendorong keberhasilan dalam melaksanakan tugas.

Dengan adanya Halal Bihalal, seluruh Prajurit dan ASN Mako Koarmada II hendaknya dapat memperoleh manfaat yang besar, baik dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa maupun dalam rangka memantapkan jalinan silaturahmi dan kekeluargaan di dalam kehidupan kedinasan maupun kehidupan sosial kemasyarakatan.

Selain itu, Pangkoarmada II menekankan kepada seluruh Prajurit dan ASN Mako Koarmada II untuk selalu mempertahankan dan meningkatkan kedisiplinan. Ia juga mengimbau prajuritnya sebisa mungkin menghindari tindakan pelanggaran-pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri dan berdampak buruk pada Organisasi TNI Angkatan Laut khususnya Koarmada II.

Usai pelaksanaan apel khusus, seluruh Perwira, perwakilan Prajurit dan ASN Mako Koarmada II melaksanakan halal bihalal dengan Pangkoarmada II beserta Staf yang dilaksanakan di Indoorsport Koarmada II. Hadir pada acara tersebut, Kaskoarmada II Laksma TNI I N.G. Sudihartawan, Irarmatim, Para Asisten Pangkoarmada II, Para Kasatker Koarmada II, Para Koamandan Satuan, serta Para Komandan Unsur yang berada di Pangkalan. (afr/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait