Sabtu, 27 April 2024

MBKG: Waspadai Tinggi Gelombang Di Wilayah Jatim

Diunggah pada : 28 Mei 2020 18:11:41 56

Jatim Newsroom- Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai tinggi gelombang yang terjadi wilayah Jatim. Ini dikarenakan pola angin di wilayah selatan dari Timur – Tenggara dengan kecepatan 3 – 20 knot.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Klas II Tanjung Perak Surabaya, Fajar Setiawan pada siaran persnta, Kamis (28/5) mengatakan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Timur laut-Tenggara dengan kecepatan 3 – 15 knot.

Sementara untuk daerah perairan lainnya kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudra Hindia selatan Jawa, Laut Timor, Laut Banda, Perairan Kepulauan Sermata - Kepulauan Tanimbar, Laut Arafuru, Perairan Kepulauan Kei - Kepulauan Aru dan Perairan selatan Pulau Sumba - Pulau Rote. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Lebih lanjut dikatakannya, tinggi gelombang mencapai 1,25 – 2,5 meter (sedang) dapat terjadi di Perairan Kalteng bagian timur, Perairan Tuban-Lamongan, Laut Jawa utara Bawean, Perairan Utara Madura, Laut Jawa selatan Bawean, Perairan Kepulauan Sapudi, Laut Jawa barat Masalembo, Perairan Kepulauan Kangean dan Laut Jawa timur Masalembo, serta Samudra Madura bagian Timur.

Sedangkan tinggi gelombang mencapai 4,0 – 6,0 meter (sangat tinggi) dapat terjadi di Perairan selatan Jatim, Samudra Hindia selatan Jatim. Terkait dengan kondisi tersebut BMKG mengimbau agar diperhatikan resiko terhadap keselamatan pelayaran.

“Keberadaan awan cumulo nimbus (Cb) yang luas dan gelap bisa menambah kecepatan angin dan tinggi gelombang, untuk itu bagi masyarakat yang beraktivitas di daerah perairan agar barhati-hati,” katanya. (ern)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait