Jumat, 26 April 2024

Maknai Hari Kemerdekaan, Gus Ipul Imbau Jaga Kondisi Lingkungan

Diunggah pada : 16 Agustus 2017 20:04:50 48

Jatim Newsroom - Peringatan HUT RI ke 72 harus dimaknai dengan meningkatkan rasa cinta kepada tanah air. Salah satunya adalah dengan menjaga kondisi lingkungan sekitar.

Hal tersebut disampaikan Wagub Jatim, Saifullah Yusuf, saat memberangkatkan peserta Benteng Sabuk Merah Putih 178 meter di Kokopan, Tretes, melalui rilis Biro Humas Jatim, Rabu(16/8).

Menurutnya, menjaga lingkungan merupakan bagian dalam menciptakan keseimbangan alam. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang semakin meningkat yaitu mencapai 250 juta jiwa, potensi terjadinya kerusakan lingkungan cukup besar. Hal tersebut disebabkan luas bumi dan lautan tidak mengalami peningkatan, tapi semakin berkurang karena penduduk semakin padat. "Pertambahan penduduk semakin cepat maka lingkungan harus dijaga agar keseimbangan selalu terjaga. Jangan sampai pembalakan liar dan sesuatu yang merusak ekosistem dibiarkan terjadi," ujar Gus Ipul sapaan akrabnya.

Salah satu wujud menjaga lingkungan yaitu dengan diselenggarakannya kegiatan Benteng Sabuk Merah Putih 178 meter. Kegiatan ini, selain membawa pesan bahwa Indonesia tetap tegak dan jaya, juga sebagai wujud kecintaan masyarakat dalam menjaga dan merawat lingkungan. "Kegiatan ini dilakukan oleh orang hebat yang mempunyai cara tersendiri dalam mencintai Indonesia. Banyak hal dilakukan ketika mendaki diantaranya membersihkan sampah," jelasnya.

Gus Ipul menambahkan sampah menjadi masalah bersama. Oleh sebab itu, perlu adanya kesadaran agar tidak membuang sampah sembarangan. Sampah itu sendiri terbagi tiga yaitu organik, non organik dan limbah B3. Setiap jenis sampah memiliki penanganan sendiri. " Oleh sebab itu, pesan dari acara ini adalah menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga kebersihan merupakan bagian dari mencintai tanah air," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Gus Ipul mengingatkan dalam rangka menjaga kelestarian alam, apabila ada pihak yang melakukan perburuan secara liar dan ada potensi kerusakan hutan agar segera menginformasikan kepada petugas kehutanan agar bisa dilakukan pencegahan dan tindak lanjut. Dengan menjaga lingkungan, secara tidak langsung juga meningkatkan perekonomian dan potensi pariwisata. "Hal itu bisa terjadi apabila dikelola dengan baik dan sesuai aturan," tambahnya.

Benteng Sabuk Merah Putih 178 meter merupakan kegiatan dalam rangka memeriahkan Peringatan HUT RI ke-72. Sekitar 500 pendaki akan membawa bendera merah putih sepanjang 178 meter untuk di pasang di puncak Gunung Arjuna. Panjang 178 meter tersebur memiliki arti tersendieinyaitu sesuai dengan tanggal dan bulan kemerdekaan RI yaitu 17 Agustus.(sti)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait