Listrik Padam, Layanan PDAM Madiun Terganggu

UMUM | 09 Nov 2018 04:44:42 AM

Listrik Padam, Layanan PDAM Madiun Terganggu

Jatim Newsroom-Pelayanan publik di Kota Madiun terganggu akibat listrik padam sejak pukul 04.50 WIB, Kamis (8/10). Salah satunya pelanggan di PDAM Tirta Taman Sari, yang terpaksa balik kanan karena pelayanan sementara terhenti.

Direktur Teknik PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun, Suwarso mengaku tidak ada pemberitahuan pemadaman dari PLN. Menyikapi kejadian ini, pihaknya mengoptimalkan empat genset. Yakni pompa di Sidomakmur Kecamatan Manguharjo, Pompa air di Jalan Ngebong Kelurahan Demangan, pompa di Kelurahan Taman, dan pompa di Kelurahan Manisrejo.

Meski begitu kata Suwaraso, daerah terjauh dari genset tidak bisa dialiri air, sehingga sebagian pelanggan tidak mendapat aliran air bersih. Ini karena genset yang dimiliki PDAM, hanya mampu mengaliri air bersih di radius 1 km dari lokasi genset.

"Kami mohon maaf sebagian pelanggan terutama yang jauh dari operasional genset akan mengalami gangguan terkait pelayanan air bersih," ungkap Suwarso.

Dikatakan Suwarso, kapasitas aliran air bersih jika hari biasa rata-rata 400 liter per detik, akibat pemadaman menjadi 240 liter per detik. Untuk itu kedepan pihaknya akan mengajukan penambahan genset di 26 sumur yang ada di Kota Madiun untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman."Idealnya ya diseluruh titik genset itu," kata dia.

Pht 150kV Manisrejo-Surya Trip terjadi padam di SS Kediri sebesar 280Mw. Gardu Induk (GI) yang terdampak pemadaman diantaranya Manisrejo, Magetan, Mranggen, Caruban. Selanjutnya daerah Ngawi, Ponorogo, Trenggalek, PLTU Pacitan, New Pacitan, serta PLTA Tulungagung. (hjr)

Views 791
Web Statistic