Sabtu, 27 April 2024

Letkol Marinir Samson Sitohang Jabat Asintel Danpasmar 2

Diunggah pada : 15 April 2019 19:17:42 310

Jatim Newsroom - Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) 2, Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi memimpin serah terima jabatan (sertijab) Asisten Intelijen (Asintel) Danpasmar 2 di ruang Lobby Mako Pasmar 2 Kesatrian Marinir Moekijat Gedangan Sidoarjo, Senin (15/4).
 
Jabatan Asintel Danpasmar 2 diserahterimakan dari pejabat lama Kolonel Marinir Ena Sulaksana kepada Letkol Marinir Samson Sitohang yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Komandan Detasemen Jala Mangkara (Wadan Denjaka) TNI AL. Selanjutnya Kolonel Marinir Ena Sulaksana akan menempati jabatan baru sebagai Asisten Operasi (Asops) Komandan Pasmar 1 di Jakarta.
 
Danpasmar 2 mengatakan, sertijab merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tuntutan tugas dan dinamika organisasi yang bermuara pada kepentingan pembinaan satuan dan pembinaan personel. Tujuannya, kata dia, agar organisasi menjadi semakin lebih baik.
 
Selain itu, serah terima jabatan juga memiliki arti penting dalam rangka kaderisasi guna memberikan kesempatan kepada perwira terpilih untuk mengimplementasikan seni dan ilmu kepemimpinannya. Diharapkan melalui sertijab itu muncul pemikiran yang kreatif, inovatif, rasional dan aplikatif untuk membangun suasana yang baru, semangat penyegaran dan kreatifitas pemikiran. Hal itu guna menjaga dan mendukung keefektifan pelaksanaan tugas-tugas ke depan yang terus berkembang secara dinamis.
 
Dengan hal tersebut, lanjutnya, Asintel diharapkan mampu memberikan pertimbangan dalam merumuskan kebijakan Danpasmar 2 serta mampu mensinergikan seluruh komunitas intelijen Pasmar 2. Sehingga dapat mengaktualisasikan perannya berupa tindakan tindakan proaktif dalam penyelesaian masalah-masalah yang berkaitan dengan tugas intelijen.
 
“Yang lebih penting lagi yaitu kemampuan deteksi dan cegah dini sebagai langkah preventif terhadap kemungkinan terjadinya permasalahan intelijen khususnya bidang pengamanan personel, material dan kegiatan,” tegas orang nomor satu di Pasmar 2 itu.
 
Brigjen Ipung juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Marinir Ena Sulaksana atas kinerja, dedikasi dan loyalitas selama menjabat sebagai Asintel Danpasmar 2. “Terima kasih dan selamat atas penempatan pada jabatan baru sebagai Asisten Operasi Komandan Pasmar 1 di Jakarta. Semoga semua pengalaman yang diperoleh selama ini, dapat dijadikan bekal yang berharga dalam melaksanakan penugasan yang akan datang,” katanya.
 
Danpasmar 2 juga berharap kepada Letkol Marinir Samson Sitohang setelah diangkat sebagai Asintel yang baru mampu mengemban tugas, fungsi dan tanggung jawab dengan baik. “Dengan bekal pengalaman dan kemampuan serta managerial yang telah dimiliki sebelumnya, saudara akan mampu melaksanakan tugas yang akan saudara emban,” tegasnya. (afr/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait