Kumeda High School Osaka Jepang Sambut Pertukaran Pelajar Dengan SMAN 2 Ponorogo

UMUM | 10 Oct 2019 02:41:01 PM

Kumeda High School Osaka Jepang  Sambut Pertukaran Pelajar Dengan SMAN 2 Ponorogo

Keceriaan para pelajar dari Kumeda High School Osaka Jepang saat menerima dan mencoba topeng ganongan dan kuda lumping, properti ikonik Reog Ponorogo seusai dimainkan oleh penari pelajar dari SMAN 2 Ponorogo dalam lawatan ke sekolah setingkat SMA di negeri sakura tersebut. (Foto:dok.smada).
 

Jatim Newsroom – Pelajar SMAN 2 Ponorogo, SMAN 1 Magetan da SMA Muhammadiyah 2 Surabaya berkesempatan berkunjung ke Kumeda High School sebuah sekolah setingkat SMA di negeri matahari terbit tersebut. Kegiatan dilakukan dalam lawatan ke Osaka Jepang untuk menghadiri Indo-Japan Festa 2019 yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) bersama pemerintah setempat di Namba Hatch di selatan Kota Nagoya. 

Ernin Naurinnisa, guru pendamping delegasi pelajar ini menjelaskan, rangkaian acara kegiatan yang pertama adalah mengisi panggung hiburan dalam seremonial pembukaan Indo-Japan Festa 2019, dengan kesenian tari Bujang Ganong dan tari Jathilan yang merupakan tarian dari Reog Ponorogo yang dibawakan oleh penari pelajar SMAN 2 Ponorogo.

Saat tarian ini digelar secara surprise mendapatkan dukungan penari dadak merak dari perkumpulan Reog Ponorogo yang berada di kota Osaka. Kegiatan lain adalah kunjungan ke Kumeda High School, di sekolah ini para pelajar dari Jatim ini juga unjuk gelar tarian yang sama ditambah seni pencak silat dan joget maumere, saat tampil atraksi seni in narasi terjemahan ke bahasa Inggris dan Jepang diterjemahkan oleh Cyrstal pelajar SMAN 1 Magetan sehingga para pelajar dari negara maju ini bisa memahami filosofi dan mencoba untuk mengikuti kesenian tersebut.

Sedangkan para pelajar dari Kumeda High School memperagakan senam  dan genderang massal, narasinya dituturkan oleh pelajar setempat kedalam bahasa Inggris dan Indonesia, terutama panduan tekhnik memukul genderang yang sangat familiar dengan iringan tetabuhan dari kesenian negara asal pendekar samurai ini.

Senyampang berada negeri orang, SMAN 2 Ponorogo menjanjagi kerjasama pertukaran pelajar dengan Kumeda High School dan direspon untuk ditindaklanjuti oleh kedua sekolah dengan komunikasi secara intensif kedua belah pihak. "Kesempatan berada di sekolah SMA di Osaka Jepang ini, SMADA Ponorogo juga menjajagi pertukaran pelajar diantara kedua sekolah dan direspon dengan baik dengan tindak lanjut berkomunikasi bagi SMAN 2 Ponorogo sendiri sudah.beberapa kali menerima dan mengirim pertukaran pelajar ke luar negeri," terang Ernin, Rabu (09/10). (pno)

Views 6277
Web Statistic