Jumat, 26 April 2024

Kuatkan Bhineka Tunggal Ika, Pemprov Jatim Bakal Bangun Asrama Nusantara

Diunggah pada : 20 Agustus 2019 8:51:52 6

Jatim Newsroom - Pemprov Jawa Timur kini tengah menyiapkan rencana membangun asrama nusantara. Bangunan itu nantinya dapat digunakan bagi para pemuda se-nusantara yang tinggal dan menempuh pendidikan di Jawa Timur.
 
Rencana itu disampaikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat acara cangkrukan Forkopimda Jatim dengan Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya di Surabaya, Senin (19/8) malam di Rumah Dinas Kapolda.
 
Menurutnya, dengan dibangunnya asrama nusantara maka dapat menguatkan rasa Bhinneka Tunggal Ika antara mahasiswa dari berbagai suku dan daerah di Indonesia yang berada di Jatim. "Sebetulnya kebhinnekaan kita ini masih lapis luar belum subtantif. Oleh sebab itu, saya berpikir bagaimana kalau mahasiswa disiapkan asrama mahasiswa nusantara dengan meminta keikhlasan mahasiswa Jatim," ujarnya.
 
Rencana itu, kata dia telah dibahas dengan Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Pihaknya juga mematangkan berapa plot masing-masing mahasiswa dari berbagai daerah tersebut. "Ini akan memanggil memori kita semua bagaimana sebenarnya Jong Java, Jong Celebes, Jong Borneo, itu semua kemudian mengikrarkan dirinya, mengikatkan dirinya dengan komitmen bahwa Indonesia tumpah darah kita," ujarnya.
 
Khofifah percaya dengan adanya asrama nusantara, akan muncul kepercayaan antarmahasiswa dari berbagai daerah. "Maka yang ada di dalam diri mereka adalah bagaimana menjadi Indonesia dengan beragam suku, beragam bahasa dan adat istiadat yang akhirnya kemudian tepo sliro-nya akan muncul. Akan muncul kepercayaan," pungkasnya.(afr/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait