Jumat, 26 April 2024

KPU Gelar Sosialisasi Tahapan Pencalonan Pilgub Jatim 2018

Diunggah pada : 13 Desember 2017 18:34:27 1

Jatim Newsroom -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur mulai melakukan sosialisasi tahapan pencalonan dengan stakehoder pemerintah, dan partai politik di Jatim. Salah satu terkait dengan kewenangan rekomendasi partai ke salah satu calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018 mendatang.

Komisioner KPU Jatim, Choirul Anam di kantor ditemui sela - sela sosialisasi tahapan pencalonan Pilgub Jatim 2018 di KPU Jatim, Rabu (13/12) mengatakan  perihal rekomendasi dukungan partai juga sudah pembenahan. Melalui PKPU yang baru, rekomendasi dukungan partai yang diterima KPU harus dari DPP, bahkan DPP partai bisa mendaftar calonnya secara langsung.

"Sekarang sudah dibenahi, rekomendasi pasangan calon semua dasarnya dari pusat atau DPP, kalaupun nanti tingkat Kabupaten/Kota berbeda maka yang sah yang dari DPP," ujarnya Anam yang juga mantan KPU Surabaya.

Untuk mengantisipasi kecurangan, KPUD Jatim telah merancang sebuah aplikasi bernama Sistem Informasi Pencalonan. Dengan sistem tersebut, baik pelaksana maupun pemilu tidak bisa melakukan kecurangan.

"Jadi nanti, seluruh tahapan proses pencalonan akan kami publikasikan ke masyarakat. Sehingga tidak ada lagi peluang bagi peserta maupun penyelenggara untuk melakukan manipulasi atau kecurangan," ujarnya Anam saat didampingi oleh Komisioner KPU Jatim lainnya, M Arbayanto.

Sementara itu, Komisioner KPU Jatim, Muhammad Arbayanto mengatakan, KPU Jatim juga sudah melakukan sosialisasi tahapan pilgub dibeberapa kabupaten/kota di jatim. Bahkan pihak KPU Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018.

Dimana tahapan pemeriksaan kesehatan pasangan calon, yang dijadwalkan 8 – 15 Januari 2018, pihaknya terus melakukan persiapan. Salah satunya dengan menggelar Rakor dengan beberapa pihak atau instansi terkait.

“Rakor kami laksanakan dalam rangka persiapan pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon dalam Pilgub 2018 mendatang, tentunya dengan mengundang instansi yang kompeten di bidangnya,” ujarnya. (pca)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait