Jumat, 26 April 2024

Kominfo Jatim Gelar Workshop E-Commerce untuk UMKM

Diunggah pada : 24 Agustus 2017 10:46:44 8

Jatim Newsroom - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Timur menggelar Workshop Pengenalan E-Commerce atau perdagangan elektronik untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala Bidang Aplikasi Informatika (Aptika) Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Nirmala Dewi saat membuka workshop di Kantor Dinas Kominfo Jatim, Kamis (24/8) mengatakan, workshop kali ini diikuti 40 pelaku UMKM di wilayah Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Jombang.

"Sasaran yang kita tekanan adalah pengenalan perdagangan elektronik," kata Dewi.

Pelaku UMKM, menurut Dewi, akan mendapat pembelajaran tentang cara memanfaatkan teknologi internet untuk memasarkan produk-produk yang selama ini dijual dengan cara konvensional. "Penggunaan internet di Indonesia sudah semakin marak, bila kita tidak ikut memanfaatkannya, akan rugi," ungkapnya.

Dikatakan Dewi, dengan teknologi internet, pedagang tidak harus buka toko di rumah atau di pasar. cukup menjual secara online produk bisa dipasarkan, bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Dalam memasarkan produk, UMKM juga harus membangun kepercayaan konsumen dengan cara memberikan pelayanan prima.

"Karena mengandalkan teknologi internet dan pembeli tidak bisa melihat barangnya langsung, maka gambar harus menarik, produk harus sama dengan gambar, waktu pengiriman dan kedatangan barang harus sesuai jadwal yang dijanjikan, sekali konsumen kecewa, maka mereka sulit kembali," tuturnya.

Selain mendapat pelatihan, pada kegiatan ini peserta juga bisa mengajukan diri untuk mendapatkan domain gratis dalam Program Sejuta Domain Kementerian Kominfo.

"Domain gratis bisa digunakan untuk satu tahun, Kominfo Jatim akan memberi pendampingan hingga UMKM bisa mengoperasikan," kata Dewi.

Sementara Ketua Excellent Preneur Indonesia (EPI), Nazma Armadhani, mengaku sangat senang mendapat pelatihan seperti ini. Dengan cara ini diharapkan, anggotanya tidak lagi mengadakan ajang pameran untuk mempromosikan produknya.

"Anggota kami saat ini berjumlah 100 orang, biasanya mereka rebutan untuk ikut pameran, semoga dengan memaksimalkan fungsi internet kita dapat bekerja lebih efisien tenaga, waktu, dan biaya, serta maksimal dalam pemasaran dan pendapatan," harapnya.(hjr)

 

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait