Jumat, 10 Mei 2024

Jelang Pembukaan, Kirab Obor Asian Games Tiba di Istana Negara

Diunggah pada : 18 Agustus 2018 10:50:54 4

Jatim Newsroom - Kirab obor Asian Games 2018 tiba di Istana Negara Jakarta, Jumat (17/8) sore. Kedatangan Api Obor dibawa oleh 17 mantan atlet dari berbagai cabang olahraga menuju tempat Relay Api Obor untuk selanjutnya diserahkan kepada Presiden RI, Joko Widodo.

"Saya serahkan api Asian Games 2018 kepada Preisden Republik Indonesia Bapak Jokowi," kata Verawaty Fajrin peraih medali emas Asian Games 1978 dari cabang olahraga bulutangkis bersama Imelda Wiguna. "Saya terima api ini untuk memulai perhelatan besar Asian Games 2018," jawab Presiden.

Selanjutnya, Presiden bersama Menpora berlari menuju tempat Relay Api Obor 2 di tangga depan Istana Merdeka untuk diserahkan kepada Ketua INASGOC Erick Thohir. "Semoga api Asian Games ini menjadi lambang dan simbol persahabatan, sportivitas dalam perhelatan Asian Game 2018," ucap Presiden. 

Kemudian, Ketua INASGOC bersama  17 mantan atlet berlari menuju tempat Relay  Api Obor 3 di Depan Gerbang Sayap Kanan Istana Merdeka yang berikutnya dibawa mantan atlet.

Seperti diketahui, sebelum dibawa ke Istana Negara di arak keliling Kota Jakarta. Di Jakarta, Obor Asian Games melewati rangkaian akhir perjalanannya sebelum dibawa menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dalam upacara pembukaan 18 Agustus 2018 malam.

Obor Asian Games  tiba di Jakarta, Rabu (15/8). Kirab obor dimulai dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dilanjutkan ke Rawa Bambu Jakarta Selatan. Setelah itu, ke Pintu Utama Kebun Binatang Ragunan, dilanjutkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan Kantor Walikota Jakarta Selatan. Kemudian tempat terakhir yang dikunjungi Obor Asian Games 2018 adalah Balai Kota DKI Jakarta.

Kamis (16/8), Kirab berlanjut dimulai dari Balai Kota DKI Jakarta ke Kemayoran lewat Jl. H. Benyamin Suaeb. Pawai kemudian melewati Jl. Mangga Dua, Kelurahan Tanah Sereal. Obor juga melewati Jalan Pintu Besar menuju Taman Kalijodo dan berakhir di Danau Sunter Jakarta Utara.

Jumat (17/8), Kirab dimulai dari Danau Sunter Selatan-mengitari Wisma Atlet-Jalan Benyamin Sueb-Jalan RE Martadinata-Pintu Masuk Karnaval Ancol. Obor akan berlayar ke Pulau Untung Jawa lewat Mall ABC Ancol. Setelah di Pulau Untung Jawa, obor akan kembali ke Monas Barat Daya lewat PRJ-Jalan Benyamin Sueb-Tanah Tinggi-Senen-Kwitang-Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan Medan Merdeka Barat dan dilanjutkan menuju Istana Negara.(Put)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait