Gubernur Sebut 75 Persen Rumah Sakit di Jatim Sudah Terakreditasi

UMUM | 12 Jul 2018 02:47:52 PM

Gubernur Sebut 75 Persen Rumah Sakit di Jatim Sudah Terakreditasi

Foto; her JNR

Jatim Newsroom– Gubernur Jawa Timur, H Soekarwo,menyebut ada 377 rumah sakit yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur. Sebanyak 75 persen dari jumlah tersebut sudah terakreditasi.

“Sudah 75 persen sudah terakreditasi dan dari seluruh  RS di Jatim, sebanyak 70 persennya merupakan RS swasta. Karena itu, kami memberi apresiasi kepada RSI yang terus meningkatkan pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat,” katanya, di sela mendampingi Wapres meresmikan Graha Rumah Sakit Islam (RSI) Surabaya, Kamis (12/7).

Pakde Karwo merinci secara struktur, fasilitas pelayanan kesehatan di Jatim sudah sangat lengkap. Di tingkat desa terdapat 5.721 Pondok Bersalin Desa (Polindes) dan 3.213 Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes). Selanjutnya, di tingkat kecamatan terdapat sebanyak 964 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan 2.720 Puskesmas Pembantu (Pustu), hingga terdapat 377 Rumah Sakit (RS) di tingkat kabupaten/kota.

Menurutnya, meski fasilitas tersebut sudah lengkap, namun diharapkan pelayanan kesehatan diseluruh tingkat, mulai desa hingga kabupaten/kota, bahkan sampai pusat agar lebih mengutamakan penguatan fungsi promotif dan preventif.

“Jadi konsepnya adalah bagaimana agar orang hidup sehat, bukan mengobati atau menyembuhkan orang sakit. Pembiayaan di BPJS sebagian besar adalah di kuratif, saya pikir konsep JKN akan jebol jika konsep utamanya adalah menyembuhkan orang sakit. Kita harus lebih mengutamakan upaya promotif-preventif,” tandasnya. (luk/s)

Views 58
Web Statistic