Sabtu, 11 Mei 2024

Gubernur Minta Bupati Blitar Sukseskan Selingkar Wilis

Diunggah pada : 3 Maret 2021 19:52:27 77

Jatim Neswroom-Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meminta kepada Bupati Blitar Rini Syarifah dan Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso menyukseskan proyek strategis nasional Selingkar Wilis.
 
"Saya ingin bupati dan wali kota ikut membedah persoalan yang telah tertuang dalam Perpres No 80 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi Jawa Timur," kata gubernur usai menghadiri serah terima jabatan Bupati dan Wakil Bupati Blitar serta rapat paripurna pidato Bupati Blitar masa jabatan 2021-2024, di gedung DPRD Kabupaten Blitar, Rabu (3/3/2021).
 
Proyek strategis nasional Selingkar Wilis terdiri dari 44 proyek, dengan total pembiayaan mencapai Rp 41,8 trilliun. Proyeknya meliputi Kabupaten Blitar, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung dan Kota Blitar.
 
"Dengan Perpres 80 tahun 2019 tentang, tentu saya ingin para bupati dan wakil bupati terkonfirmasi supaya mereka bisa segera membedah masing-masing detail proyek yang bisa lakukan dan percepat," ungkap gubernur.
 
Proyek strategis nasional Selingkar Wilis dan Lintas Selatan di Perpres tersebut diabtaranya pelebaran jalan nasional Blitar, perbaikan jalan nasional Brongkos Karangkates, pembangunan TPA Blitar, pengembangan kawasan wisata makam Bung Karno, penataan kawasan geosite pantai Klayar, pantai Srau, dan pantai Pance.
 
Sejumlah proyek tersebut sudah dilampirkan sumber-sumber pembiayaan yang bisa dilakulan. Mulai dari APBN, APBD dan juga ada yang menggunakan sistem kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU).
 
"Sumber dananya dari mana, jenis proyeknya apa, investasinya berapa, dan sudah ada mekanisme di Project Managament Office  dananya sekian dan itu dulu pembahasannya bersama, Maka harus dibedah, supaya ada percepatan pembangunan ekonomi terutama kawasan Selingkar wilis dan JLS," kata mantan Menteri Sosial ini.
 
Sementara, terkait Bangga Wisata Indonesia, Kabupaten Blitar memiliki potensi yang besar. Dia meminta segera ada pemetaan untuk membuat potensi wisata di Blitar bisa menarik dan berdaya jual. 
 
"Di sini kan ada Kampung Coklat gimana caranya bisa membuat rangkaian one day tour di Kabupaten Blitar itu sangat menarik," tuturnya.(hjr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait