Sabtu, 27 April 2024

Gubernur Khofifah Salurkan Air Bersih ke Warga Pulau Sapudi

Diunggah pada : 5 November 2019 12:48:27 8

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyalurkan air bersih kepada warga di Pulau Sapudi. Pemberian simbolis dilakukan di kantor Kecamatan Gayam, Selasa (5/11).
 
Dalam penyaluran air bersih itu, Gubernur Khofifah bersama Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, Danlantamal V Laksma TNI Tedjo Sukmono, Danrem 084/Bhaskara Jaya KolonelnInf Sudaryanto. Hadir pula Wakil Ketua DPRD Jatim Achmad Iskandar, dan Wabup Sumenep Achmad Fauzi.
 
Ia menjelaskan, tujuan penyaluran air bersih di daerah terdampak bencana kekeringan ini adalah mendukung upaya mengatasi kekurangan air akibat kemarau. "Hari ini Alhamdulillah bisa support tapi sustainability bisa menjadi strategis jika jangka panjang kita siapkan," kata Khofifah.
 
Ia mengatakan, sebelumnya telah berkoordinasi dengan DPRD Jatim untuk bisa merencanakan penanganan bencana kekeringan untuk jangka panjang. "Tadi ada Pak Achmad Iskandar dari Wakil Ketua DPRD Jatim. Saya ingin menyampaikan, ayo pak bikin tuntas pulau kalau misalnya Sapudi ini bisa dijadikan role model. Bagaimana suistanibility sumber daya alam dan airnya bagus," ujarnya.
 
Menurutnya, role model penanganan kekeringan di Pulau Sapudi ini bisa dilakukan untuk pulau-pulau yang berdekatan. "Terutama di Madura yang paling banyak tentu di Sumenep. Misalnya pulau-pulau lain yang tadi oleh wakil bupati sudah disebut kita ingin ini menjadi pilot project, bagaimana suistainibility bisa kita jaga," jelasnya.
 
Tercatat tiga pulau menjadi sasaran pemberian bantuan air bersih, yakni Pulau Sapudi yang meliputi Kecamatan Gayam dan Nonggunong. Kemudian Pulau Giligenting meliputi kecamatan Giligenting dan Pulau Kangean meliputi kecamatan Arjasa dan Kangayan.
 
Bantuan diangkut dan distribusikan menggunakan KRI Teluk Ende-517 dari jajaran Satuan Amfibi Koarmada. Selain itu Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) juga mengerahkan dua Kapal TD Tambora dan TD Bromo untuk mengangkut tongkang berisi 250 ton air bersih untuk didistribusikan kepada masyarakat di daerah tersebut.
 
Di Sapudi, tiga mobil tangki air BPBD Jatim yang masing-masing membawa 5 ton air ikut mendukung program bantuan air bersih ini. Adapun bahan bantuan yang diberikan kurang lebih berupa  3000 hingga 5000 jerigen air bersih yang tiap jerigennya berisi 25 liter. (afr/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait