Jumat, 26 April 2024

Duta Suporter Kominfo 34 Provinsi Siap Sukseskan Asian Games 2018

Diunggah pada : 18 Agustus 2018 11:40:20 6

Jatim Newsroom - Duta Suporter dari 34 provinsi siap mendukung Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Mereka adalah para pemenang ragam kompetisi yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk menyemarakkan dukungan.

“Indonesia menjadi tuan rumah 56 tahun lalu. Dan belum tentu akan terulang di 56 tahun mendatang. Momentum ini tak akan terulang. Setidaknya kalian menjadi saksi sejarah atas dukungan tiap provinsi. Dukung bersama Indonesia,” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Dalam rangkaiannya, para duta suporter sebanyak 300 orang masuk karantina mulai Rabu, (15/8) untuk menulis cepat tentang Asian Games 2018. Pada Kamis, (16/8) Welcoming Dinner bersama Menkominfo Rudiantara di Gedung Arsip Jl Hayam Wuruk Jakarta. Jumat (17/8) melakukan City Tour Jakarta dan serangkaian acara 17 Agustusan di Segarra Beach Club Ancol.  Sabtu (18/8) duta kembali city tour Jakarta dan ditutup dengan nonton bersama Pembukaan Asian Games di Gelora Bung Karno.

Seperti diketahui, dalam rangkaian semarak Asian Games, Kemkominfo menggelar enam even besar yang pemenangnya merupakan perwakilan atau duta dari tiap provinsi. Beberapa even, pertama, Duta Suporter Indonesia. Kompetisi ini berbasiskan aplikasi android dimana para duta diharuskan melakukan tantangan yang mengekspresikan dukungan kepada para atlet dan penyelenggaraan. Dari 320 ribu peserta, dipilih 68 pemenang dari 34 provinsi, laki-laki dan perempuan.

Kedua, Writingthon, yakni kompetisi menulis untuk kategori blogger dan pelajar/mahasiswa. Mereka diharuskan menulis cepat tentang cerita dukungan daerah terhadap Asian Games 2018 selama masa karantina. Dihasilkan 68 pemenang perwakilan dari 34 provinsi.

Ketiga. Dance Competition Pesta Rakyat. Kompetisi ini digelar di 15 kota yang dilewati oleh torch relay bersamaan dengan pelaksanaan Pesta Rakyat saat Car Free Day (CFD). Peserta tiap kota saling bertarung dan memperebutkan juara pertama yang hadiahnya berupa nonton bareng pembukaan Asian Games di Jakarta. Dihasilkan 67 orang.

Keempat, Dance Challenge. Semisal dengan Dance Competition namun dilakukan di media sosial. Mereka diminta untuk menirukan dance “Ayo Nonton Asian Games 2018” karya Yossi Herman Mokalu dan Cameo Project. Kemudian mereka diminta untuk menantang (challenge) kawan di medsia sosial untuk melakukan hal serupa. Delapan pemenang ikut dibawa ke Jakarta untuk ikut dukung bersama.

Kelima, Virtual Run. Ini merupakan aplikasi berlari dimana para peserta diminta untuk menyelesaikan 20,18 kilometer dalam rentang waktu sebulan. Selain itu, ragam tantangan harus dikerjakan untuk mengekspresikan dukungan Asian Games 2018. 17 pemenang dihasilkan dari kompetisi ini.

Keenam, ASN Sehat. Ini adalah kompetisi menurunkan berat badan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam rentang waktu sebulan. Kemkominfo berupaya untuk menciptakan budaya hidup sehat, dimulai dari para ASN agar sigap dalam memberikan pelayanan publik. Sembilan orang dihasilkan dari kompetisi ini. (Put)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait