Sabtu, 27 April 2024

Dinas Pendidikan Kota Malang Siap Rehab 56 Ruang Kelas

Diunggah pada : 16 Oktober 2018 20:34:06 11

Jatim Newsroom - Demi terciptanya kesetaraan pendidikan dalam hal sarana prasarana, Dinas Pendidikan Kota Malang terus merehab gedung sekolah, baik negeri maupun swasta. Tahun ini, rencananya kurang lebih 54 ruang yang akan direhab. Hal ini dinyatakan oleh Ketua Dinas Pendidikan Dra. Zubaidah, MM.

“Tahun ini insya Allah kurang lebih 54 ruang yang kita betulkan. Ada rehab, ada pembuatan ruang, ada paving, ada pagar. Kurang lebih fisik itu hanya sekitar 50 sekian atau 60 saya persisnya angkanya lupa tapi ada datanya,” papar Zubaidah, Selasa (16/10).

Rehab tersebut diperuntukkan bagi lembaga pendidikan di Kota Malang. Mulai dari sekolah negeri maupun swasta. Untuk diketahui, dari jumlah lembaganya, jumlah SD negeri adalah 195, swastanya kurang lebih 78. Sedangkan untuk SMP negeri jumlahnya 27, ditambah SMP terbuka dan SMP swasta jumlahnya semua menjadi 111. Tidak lupa jumlah PAUD yang terdiri atas TK maupun PAUD nonformal yang jumlahnya kurang lebih 600 sekian.

Sedangkan jumlah ruang kelas dari banyaknya lembaga itu ribuan. Zubaidah menghitung, jumlah ruang kelas SD dan SMP saja kurang lebih 2000 sekian ruang. Semisal tahun ini ditangani 100 saja maka yang 100 itu dalam kurun waktu 10 tahun nanti harus diperbaiki lagi. Terkadang masyarakat hanya berpikir Disdik mencari-cari proyek saja. Padahal, jumlah yang ditangani memang banyak.

“Yang ditangani itu banyak jumlahnya. Belum sampai berputar ke titik satu lagi. 10 tahun sudah rusak. Belum nanti kalau ada bencana alam, misalnya dekat sungai, pagernya ambruk, meskipun baru 3 tahun. Maka komite masih tetap diperlukan dalam rangka perbaikan-perbaikan yang ada di sekolah. Kalau pemerintah belum bisa menyelesaikan maka komite lah yang akan berperan,” imbuhnya. (mad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait