Jumat, 26 April 2024

Calon Jemaah Haji Cadangan Jember Sebanyak 19 Orang

Diunggah pada : 19 Juli 2018 13:23:37 111

Jatim Newsroom– Kepala Seksi (Kasi) Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jember, Ahmad Tholabi,menyebut ada sebanyak 19 calon jemaah haji cadangan yang siap diberangkatkan apabila ada yang batal terbang ke Tanah Suci.

“Kalau mereka jadi berangkat ke Tanah Suci Mekkah maka mereka akan berangkat terakhir, setelah semua calhaj yang masuk kuota calhaj tahun ini berangkat, namun tidak menutup kemungkinan mereka juga tidak berangkat dan itu sudah diketahui oleh masing-masing calhaj cadangan,” tuturnya, Kamis, (19/7).

Ia menjelaskan calon jemaah haji cadangan juga dipersiapkan apabila ada jemaah haji yang wafat, sakit maupun terkendala administrasi sehingga bisa mengisi slot kosong tersebut. Dari 19 calon jemaah haji cadangan terdapat satu orang calon haji cadangan asal yang berada di kelompok terbang (kloter) 5 masih menunggu paspor dan visa sebelum berangkat ke Bandara Juanda menuju ke Madinah.

“Sebenarnya calon haji cadangan itu berangkat pada kloter terakhir, namun karena suaminya ada di kloter 5, maka yang bersangkutan meminta bisa diberangkatkan bersama suaminya di kloter 5,” terangnya.

Paspor yang bersangkutan, sambung Tholabi, masih berada di Jakarta dan masih dalam proses pengiriman ke Surabaya, sedangkan visanya sudah ada, namun masih belum tercetak karena visa calon jemaah haji cadangan itu diproses paling terakhir sesuai dengan prosedur.

Sebagai informasi, jumlah kuota calhaj Jember tahun 2018 sebanyak 1.985 orang dan 19 calon jemaah haji di antaranya merupakan cadangan. Sebanyak 1.985 calhaj tersebut terbagi dalam tujuh kelompok terbang yakni kloter 5,6,7,8,9,10 dan 37 yang dijadwalkan berangkat pada 17-19 Juli 2018. (luk/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait