Jumat, 26 April 2024

Bupati Sumenep Serahkan Mobil Perpustakaan Untuk Masyarakat

Diunggah pada : 18 Februari 2019 17:35:47 0

Jatim Newsroom – Bupati Sumenep, KH A Busyro Karim menyerahkan mobil perpustakaan keliling dan perlengkapan multimedia sebagai wadah untuk memenuhi kebutuhan buku bacaan dalam upaya peningkatan minat dan budaya baca masyarakat.

Busyro Karim mengatakan, semua pihak terkait harus mampu mengelola serta memanfaatkan mobil Perpustakaan Keliling (Pusling) dan perlengkapan multimedia dengan maksimal. Hal itu Itu dilakukan guna mendongkrak minat baca masyarakat, sehingga mobil perpustakaan keliling itu harus mewarnai penyediaan buku bacaan yang menjadi kebutuhan masyarakat, bahkan dalam operasionalnya diharapkan bisa menyentuh semua masyarakat di pedesaan.

“Saya berharap mobil itu meningkatkan pelayanan terutama jangkauan pelayanan tidak hanya sekedar siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP) saja, namun harus melayani masyarakat lainnya baik pondok pesantren dan organisasi masyarakat di pelosok desa.” ujar Bupati pada Penyerahan Mobil Perpustakaan Keliling di halaman Kantor Bupati Sumenep, Senin (18/2).

Bupati menyampaikan, manakala buku bacaan tersedia dengan maksimal dampaknya positif bagi Sumber Daya Masyarakat (SDM), apalagi saat ini ada masyarakat Sumenep yang karya tulisannya mendapatkan apresiasi tingkat nasional. “Masyarakat Sumenep baik itu budayawan, pelajar dan mahasiswa karya tulisannya diapresiasi di tingkat nasional, jadi kalau buku bacaan tersedia bervariasi tentu semakin banyak masyarakat berkarya melalui tulisannya.” imbuhnya.

Penyerahan mobil perpustakaan keliling yang dilengkapi fasilitas multimedia dilakukan oleh Bupati Sumenep kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Ferdiansyah Tetrajaya,, dan setelah menyerahkan mobil itu, Bupati bersama Sekretaris Daerah,. Edy Rasiyadi, berkesempatan untuk meninjau mobil tersebut. Mobil perpustakaan keliling dan perlengkapan multimedia itu merupakan bantuan dari Perpustakaan Nasional tahun 2018 kepada pemerintah daerah Kabupaten Sumenep.

Bupati berharap, agar masyarakat terutama pelajar memanfaatkan mobil perpustakaan keliling untuk meningkatkan pengetahuan, sebab mobil itu melayani masyarakat dengan mendatangi tempat aktivitas masyarakat. “Membaca buku tidak ada batasan umur guna menambah literasi, karena itu masyarakat memanfaatkan mobil perpustakaan keliling sebaik-baiknya.”  tuturnya.

Mobil baru perpustakaan mampu menampung 1.200 buku dengan 600 judul buku, juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung seperti TV LED, tablet android, modem, komputer, dan layar. (ryo/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait