Buka Peluang Kerjasama, Dubes Austria Temui Gubernur

UMUM | 10 Jul 2017 06:06:37 PM

Buka Peluang Kerjasama, Dubes Austria Temui Gubernur

Foto: Henry JNR

Jatim Newsroom– Provinsi Jawa Timur selalu membuka ruang kerjasama di segala bidang dengan berbagai negara. Kali ini Duta Besar (Dubes) Austria untuk Indonesia, Helene Steinhäusl secara khusus menemui Gubernur Jatim, H Soekarwo untuk memperluas kerjasama dan peluang investasi di Jatim.

Saat menerima rombongan Dubes Austria di Gedung Negara Grahadi, Senin (10/7), Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan hubungan pemerintah Austria dengan Indonesia khususnya dengan Jawa Timur selama ini berjalan baik. Kerjasama dan investasi di beberapa bidang juga menunjukkan perkembangan positif.

“Terima kasih atas kedatangan Duta Besar Austria. Kami berharap kerjasama antara Austria dan Jawa Timur dapat diperluas dan dipererat. Kedua pihak dapat saling menguntungkan,” kata Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo tersebut.

Ia menjelaskan diantara 34 provinsi di Indonesia, Jawa Timur memiliki posisi strategis dan merupakan berpengaruh terhadap perekonomian daerah lain di Indonesia. Jawa Timur juga berperan sebagai center of grafity, karena memiliki luas wilayah 47.152 km2, memiliki penduduk sekitar 39.075.079 orang dan kepadatan penduduk 807 jiwa/km2.

Lebih lanjut, Pakde mengungkapkan pada 2016 PDRB Jatim mencapai 139,21 miliar Dollar AS atau Rp 1.855,04 triliun dan rata-rata pendapatan 3.600 Dollar AS, ditopang oleh tiga sektor utama yaitu sektor industri sebesar 29,5 %, sektor perdagangan 18 % dan 13,45 % dari onfarm agro Masyarakat Jatim dinilai sangat terbuka.

Khusus kerjasama Jatim dan Austria pada 2016, tercatat Ekspor sebesar 4,64 juta Dollar AS sedangkan impor sebesar 19,32 juta dollar AS. Angka tersebut menunjukkan Jawa Timur masih mengalami defisit perdagangan sekitar 14,68 juta dollar AS. Ke depan, kerjasama kerjasama beberapa bidang yang perlu diperkuat diantaranya ekonomi, investasi,  perdagangan, Pariwisata, kebudayaan dan pendidikan.

“Terakhir ada dua investasi dari pengusaha Austria di dua daerah di Jawa Timur antara Januari hingga Maret yakni di Pacitan dan Surabaya. Kami mengundang lebih banyak lagi investor untuk datang ke Jawa Timur,” ujarnya.

Duta Besar (Dubes) Austria untuk Indonesia, Helene Steinhäusl menyambut baik tawaran Pakde Karwo. Pihaknya akan mempromosikan Jawa Timur pada pengusaha Austria untuk mencoba berinvestasi di Jawa Timur. “Kami yakin mereka (pengusaha) akan antusias,” ucap Helene.

Ia berharap, melalui pertemuan ini kedua belah pihak dapat saling bertukar informasi mengenai berbagai prospek serta potensi peningkatan kerjasama. Beberapa saat lalu, ia juga telah mengunjungi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

“Salah satu bidang yang sedang berjalan adalah pendidikan. Banyak guru, akademisi dan mahasiswa yang belajar di perguruan tinggi Austria. Mereka sedang studi S2 dan S3, pimpinan ITS dalam waktu dekat juga akan ke Austria,” tandasnya.

Acara diakhiri dengan tukar menukar cinderamata antara Dubes Austria dan Pakde Karwo. Saling tukar cendra mata menandai komitmen memperkuat hubungan antara ke Jawa Timur dengan Polandia di masa yang akan datang. (luk)

Views 134
Web Statistic