Sabtu, 27 April 2024

BPJS Kesehatan Ingatkan Generasi Muda Waspadai Penyakit Katastropik

Diunggah pada : 21 September 2017 3:19:39 11

Jatim Newsroom – Penyakit katastropik seperti stroke, gagal ginjal, penyakit jantung, hipertensi kini banyak dialami anak-anak dan remaja akibat kurang olahraga dan pola makan tidak sehat. Untuk itu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengingatkan generasi muda mewaspadai penyakit itu dengan menjalani gaya hidup sehat.

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari mengatakan, penyakit katastropik cenderung terjadi karena faktor kebiasaan perilaku hidup tidak sehat, seperti merokok, makanan tidak sehat, kurang olahraga, dan sebagainya. Apabila dibiarkan, kondisi tersebut dikhawatirkan dapat membawa dampatk kurang baik bagi kualitas kesehatan penduduk Indonesia maupun keberlangsungan program JKN-KIS.

“Selain edukasi tentang pola hidup sehat sejak dini, BPJS Kesehatan juga rutin melakukan kunjungan dan kegiatan di sejumlah kampus. Diharapkan dapat membentuk serta meningkatkan rasa kepedulian, kerelaan membantu sesama, dan gotong royong dalam diri para pelajar, terutama dalam hal pelaksanaan program jaminan kesehatan di Indonesia,” tuturnya, Rabu, (20/9) melalui rilisnya.

Ia mengungkapkan, total biaya penyakit katastropik pada rentang waktu 2014 - 2016 mencapai Rp 36,3 triliun atau 28 persen dari total biaya pelayanan kesehatan rujukan. Peringkat biaya teratas diduduki oleh hipertensi dengan jumlah biaya Rp 12,1 triliun, disusul dengan diabetes mellitus sebesar Rp 9,2 triliun, penyakit jantung koroner sebesar Rp 7,9 triliun, dan gagal ginjal kronis sebesar Rp 6,8 triliun.

“Jika satu orang peserta harus melakukan operasi jantung dengan biaya Rp 150 juta, maka biayanya ditanggung oleh iuran 5.882 peserta kelas 3 yang sehat. Karena bersifat gotong royong itulah, setiap peserta wajib membayar iuran bulanan tepat waktu,” ujarnya.

Seperti diketahui, hingga Agustus 2017, BPJS Kesehatan telah menjalin kerja sama dengan 22 perguruan tinggi negeri dengan total peserta 7.799 jiwa dan 28 perguruan tinggi swasta dengan total peserta 5.195 jiwa. Kerja sama tersebut meliputi pendaftaran kolektif mahasiswa menjadi peserta JKN-KIS, serta sosialisasi kepada mahasiswa dan seluruh elemen masyarakat di lingkungan universitas yang bersangkutan.

Hingga 15 September 2017, peserta JKN-KIS telah mencapai 181.701.561 jiwa. Sementara dalam hal pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan 21.109 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan 5.568 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). (luk)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait