Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Lebaran, AP I Tambah SDM

UMUM | 21 Apr 2017 01:45:00 PM

Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Lebaran, AP I Tambah SDM

Istimewa

Jatim Newsroom- PT Angkasa Pura (AP) I akan melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi lonjakan penumpang ketika mudik Lebaran 2017 mendatang. Pihak AP I berencana menambah Sumber Daya Manusia (SDM) untuk melayani masyarakat selama memakai jasa bandara yang berada di bawah pengelolaan AP I.

Menurut Direktur Utama PT AP I, Danang S. Baskoro, pelayanan pada para pengguna jasa bandara akan ditambah lewat keamanan dan kenyamanan. AP I bahkan akan menyiagakan personel tambahan yang berasal dari TNI dan Polri.

“Kita tambah SDM dari internal maupun eksternal, yaitu melalui bantuan TNI, Polri, dalam rangka untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jasa bandara, maupun untuk keamanan. Jumlah terus dievaluasi supaya bisa berikan pelayanan lebih baik daripada tahun lalu. Nanti kita akan ada rapat di kantor pusat untuk semua bandara yang ada angkutan Lebaran,” tutur Danang, dalam siaran pers, Jumat (21/4).

Terkait prediksi kenaikan jumlah penumpang, menurut Danang tahun ini pengguna pesawat untuk angkutan mudik Lebaran 2017 diperkirakan akan naik hingga 7% dari tahun lalu. Terutama karena waktu libur Lebaran tahun ini lebih lama dibandingkan tahun lalu.

“Kalau saya prediksi lebih tinggi karena ini libur setelah Lebaran panjang. Biasanya orang libur mudik itu di sana cuma berapa hari lebih baik stay di sana. Ini Lebaran Sabtu-Minggu dan mereka itu cuti panjang, saya yakini ini karena banyak pembantu yang pulang juga, lebih baik mereka berlibur atau pulang ke kampung halaman. Tetapi, ini juga tergantung cuaca juga pengaruh. Kalau kondisi semua normal, prediksi kenaikan tujuh persen,” papar Danang S. Baskoro.

Lonjakan jumlah penumpang pesawat diperkirakan akan terjadi di Bandara Ngurah Rai Bali, Bandara Internasional Juanda Surabaya, dan sejumlah bandar udara di Jawa Tengah. Pihak AP I juga akan mengantisipasi adanya gangguan cuaca yang kemungkinan dapat mempengaruhi jumlah penumpang pesawat. (mad)

Views 201
Web Statistic