Jumat, 26 April 2024

ANTISIPASI MUSIM KEMARAU, DINAS KEBAKARAN SURABAYA TAMBAH POS PANTAU

Diunggah pada : 2 April 2015 20:17:15 3
thumb

Guna mengantisipasi musim kemarau yang rentan terjadinya kebakaran, Dinas Kebakaran  Kota Surabaya menambah pos pembantu di Gunung Anyar. Penambahan pos pembantu ini  agar mobilisasi mobil unit pemadam bisa cepat mencapai sasaran.
    Idealnya memang 1 pos pembantu bisa mengcover area 1 kecamatan, sehingga jika terjadi kebakaran di wilayah tersebut bisa langsung ditangani sedini mungkin. Sebab pemadaman yang dilakukan dengan cepat  di titik api bisa mencegah dampak kebakaran yang lebih besar.
    "Pos pembantu Gunung Anyar ini untuk proteksi kejadian kebakaran di wilayah ini dan sekitarnya. Karena sering terjadi kebakaran di Gunung Anyar dan sekitarnya selama ini dicover dari pos pembantu wilayah lain," ujar Candra Oratmangun, Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya, Kamis (2/4).
    Untuk data kasus kebakaran pada bulan Maret lalu sebanyak 14 kejadian atau turun dari periode yang sama tahun 2014 sebanyak 15 kasus. Demikian juga pada triwulan I tahun 2014 terdapat 65 kasus kebakaran sedangkan pada tahun ini periode yang sama terdapat 50 kejadian.
    Namun menjelang musim kemarau masyarakat diminta  waspada mengingat suhu siang hari di Surabaya cukup menyengat. "Selain kesiapan personil, kami juga telah membagikan surat edaran walikota menjelang musim kemarau ini," tambah Candra.
    Dinas Kebakaran juga mendapat tambahan jumlah personil sebanyak 72 orang. "Mereka sudah mulai bekerja pada awal bulan Maret lalu. Selain itu kami juga mendapat tambahan 3 unit mobil PMK untuk operasional," katanya.
    Meski secara umum pada musim hujan kejadian kebakaran mengalami penurunan namun Candra tetap minta kepada anak buahnya untuk tetap siaga. Sebab menurutnya meski musim hujan, masih sering terjadi kebakaran sehingga Dinas Kebakaran tetap waspada.(mad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait