Minggu, 12 Mei 2024

JALAN RAYA LEGUNDI-KRIAN BAKAL DIBETON 300 METER

Diunggah pada : 24 Juli 2014 15:41:35 20
thumb

Rusaknya Jalan Raya Legundi arah Krian kerap dikeluhkan masyarakat sekitarnya. Bahkan, aksi unjuk rasa juga pernah dilakukan. Untuk mengatasi kerusakan jalan tersebut, tahun ini Dinas PU Bina Marga Jatim bakal melakukan perbaikan jalan dengan cara beton cor sepanjang 300 meter.

“Kondisi jalan memang sedikit rusak. Jalannya bergelombang tapi sebelumnya sudah ditangani dengan perbaikan sementara. Untuk penanganan permanen dengan sistem beton akan dilakukan akhir tahun ini,” kata Kepala Bidang pemeliharaan Jalan Dinas PU Bina Marga Jatim, I Made Sukartha, Kamis (24/7).

Menurut dia, pembangunan jalan Legundi-Krian tersebut ditargetkan sepanjang 300 meter. Namun, kata dia, prosesnya dilakukan secara segmental. Untuk pembiayaan awal dialokasikan dari PAPBD Jatim 2014. “Mungkin bisa mulai September tapi yang pasti akhir tahun ini terealisasi,” ungkpanya.

Untuk prosesnya podasi jalan terlebih dahulu rencananya bakal diperbaiki dengan sistem cement treated base atau semi beton dengan ketebalan 30 cm. Selanjutnya akan diaspal dengan hotmix setebal 4 cm.

Jalan provinsi tersebut  kondisi  VC (kapasitas volume) sudah diatas 1 dari batas maksimal 0,75. “Jalur Legundi ini seharusnya perlu pelebaran karena visi rasio kendaraan yang melintas sudah melebihi kapasitas volume. Namun, yang memungkinkan saat ini setidaknya jalan yang ada diperbaiki dulu,” ujarnya.

Sebelumnya, perbaikan darurat telah dilakukan pada Februari lalu. Proses perbaikan mengguankan coldmix (aspal dingin) dari simpang empat Legundi menuju arah Krian sepanjang 300 meter. Perbaikan darurat itu, kata dia, sebagai kegiatan penunjangan jalan, bukan peningkatan jalan, karena menjadi skala prioritas yang bisa diupayakan.

Sebelumnya, terdapat usulan untuk dibangunkan jembatan timbang di wilayah Legundi Driyorejo, guna mereduksi beban tonase dari truk yang melintas. Dari informasi Camat Krian, sering digunakannnya jalur Legundi untuk kendaraan berat tersebut, karena menghidari jembatan timbang yang berada di wilayah Trosobo.

Perlu diketahui, jalur Legundi merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Kab Gresik dengan Kab Mojokerto dan Kab Sidoarjo. Di wilayah tersebut juga terdapat banyak industri besar dan kecil, sehingga jalur tersebut menjadi perlintasan rutin untuk truk dan trailler antar kab/kota. (afr) 

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait