Jumat, 26 April 2024

DISPERINDAG LUNCURKAN SISTEM INFORMASI PASAR BERBASIS WEB

Diunggah pada : 29 Maret 2012 15:10:25 56
thumb

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim telah meluncurkan Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) Jatim berbasis web. Siskaperbapo ini diharapkan bisa mempermudahkan masyarakat mengetahui secepatnya perkembangan harga bahan pokok meleui web www.siskaperbapo.com.
            Kepal dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Jatim Ir Budi Setiawan MT ME di Kantornya Jl. Siwalankerta Utara, Surabaya, Kamis (29/3) mengatakan, Siskaperbapo diluncurkan oleh Gubernur Jatim Dr.H. Soekarwo bersamaan dengan pembukaan Rakor Sinkoronisasi Program Kegiatan Industri dan Perdagangan 2013 di Hotel Bumi Surabaya, Senin (26/3) lalu.
            Dikatakan Budi, persoalan stabilitas harga komoditas merupakan faktor yang sangat penting bagi pemerintah dalam rangka mewujudkan terkendalinya laju inflasi. Inflasi merupakan elemen penting yang dapat menggambarkan stabilitas ekonomi secara makro.
            Oleh sebab itu informasi berupa data perkembangan harga komoditas terutama bahan pokok secara akurat dan cepat/real time sangat diperlukan. Hal ini tidak saja bermanfaat bagi pelaku usaha/pelaku ekonomi, tetapi juga berguna bagi pemerintah khususnya Pemprov Jatim dalam hal ini tim pengendali inflasi daerah.
            Dalam lingkup agak sempit data perkembangan harga sangat penting  bagi dinas yang mengawal di sektor perdagangan. Hal ini juga sangat berguna untuk mengindentifikasi penyebab terjadinya fluktuasi atau gejolak harga dalam upaya menjaga stabilitas perkembangan harga. Misalnya apakah gejolak harga dikarenakan adanya gangguan kelangkaan barang atau dikarenakan gangguan kelangkaan arus distribuasi dan lain sebagaianya.
            Menurut Kadis Perindag, dengan pesatnya kemajuan di bidang teknologi informasi, penyajian data perkembangan harga selama ini lebih difokuskan tim pengendali inflasi daerah berdasarkan pendekatan tujuh kota di Jatim. Diantaranya tujuh Kota tersebut yakni Malang , Kediri , Madiun, Jember, Sumenep dan Bojonegoro.         Sejak 2012 sebenarnya Disperindag Jatim telah mengembangkan sitem informasi pasar berbasis web. Dengan menggandeng jajaran Disperindag Kabupaten/kota se-Jatim.
            Selain data perkembangan harga web siskaperbapo dapat pula tersaji dengan terintegrasi se Jatim yang dapat diakses oleh masyarakat. Sistem aplikasi ini juga dilengkapi fasilitas SMS reques bagi siapapun yang memerlukan informasi harga komoditas tertentu di suatu wilayah dengan mengirim sms ke-nomor 081.217.000.021 dengan dan format:nama Kab/kota (spasi) nama komodirti contoh; MADIUN KAB (SPASI)BERAS.
            “Agar akselerasi sajian data sistem pasar dapat terjaga , diminta kepada semua petugas monitoring harga disetiap kabupaten / kota harus memahami arti penting tugas ini,” ujarnya. Hanya dengan pemahaman seperti itu maka para petugas pemantauan  harga pasar dengan penuh tanggung jawab . (ryo)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait