Jumat, 26 April 2024

JATIM TUAN RUMAH POWARNAS 2013

Diunggah pada : 18 Januari 2012 5:07:20 4
thumb

Gubernur Jatim, H Soekarwo menerima pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim masa bhakti 2011-2015Tahun 2013 Jawa Timur menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Wartawan Nasional (Porwanas). Rencananya, kegiatan tersebut juga menjadi rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2013 yang juga dipusatkan di Jatim.

Kepastian Jatim sebagai tuan rumah dua kegiatan tersebut terungkap saat Gubernur Jatim, H Soekarwo menerima pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim masa bhakti 2011-2015 di ruang kerja, Selasa (17/1).

Dikatakannya, Pemprov Jatim mendukung penuh pelaksanaan kegiatan Porwanas dan HPN. Kepercayaan Jatim sebagai tuan rumah akan memiliki banyak manfaat positif dalam jangka panjang, seperti sebagai sarana mempromosi potensi yang dimiliki Jatim.

Agar pelaksanaan kegiatan tersebut sukses, gubernur meminta kepada kepada pengurus PWI Jatim, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jatim, Dinas Pemuda dan Olahraga Jatim dan Biro Humas dan Protokol berkoordinasi untuk melaksanakan dan menyukseskan kegiatan.

Minta Wartawan Tulis Buku

Kepada wartawan, gubenur meminta agar wartawan tidak hanya menulis berita, namun mampu memberikan solusi kongkrit dalam penyelesaian problematika bangsa dengan menulis buku. Buku tersebut nantinya akan menjadi tawaran solusi dan pertimbangan dalam mengambil kebijakan oleh pemerintah daerah hingga pusat.

Jadi selain bertugas liputan berita, juga mampu memberikan tawaran solusi dari sejumlah hasil pengamatan maupun analisis untuk mengatasi masalah dimasyarakat. “Dengan membuat buku, fungsi inspirasi dari wartawan dapat terwujud nyata” katanya.

Terkait rencana pelantikan pengusrus PWI masa bhakti 2011-2015, gubernur mendukung kegiatan pelantikan dengan menfasilitasi penyelenggaraan kegiatan dilakukan di gedung Negara Grahadi, Selasa (31/1) mendatang. Dukungan juga disampaikan Pak De Karwo terkait rencana program sertifikasi wartawan yang merupakan uji kompetensi bagi wartawan di Jatim. “Uji kompetensi ini akan makin meningkatkan profesionalisme wartawan,” ujarnya.

Ketua PWI Jatim, Ahmad Munir mengatakan, kedatangan pengurus PWI 2011-2015 adalah sebagai rangkaian rencana pelantikan. “Silaturahmi ini akan makin mengakrabkan hubungan antara insan media dengan pemerintah,” katanya.

            Dikatakannya, program sertifikasi wartawan melalui uji kompetensi, adalah untuk memenuhi amanat Undang-Undang Pers dari Dewan Pers Nasional. Uji Kompetensi Wartawan (UKW) nantinya akan diberikan kepada wartawan dengan mendapat sertifikat utama, madya dan muda dari PWI Pusat.

Seleksi kegiatan UKW dilakukan mulai dari menulis berita, melakukan wawancara bagi wartawan muda, atau melakukan perencanaan rubrik, menyunting bagi wartawan madya, atau menulis opini, memimpin rapat, bagi wartawan utama.

Sebelumnya diberitakan, Konfrensi Cabang (Konfercab) PWI Jatim digelar dengan agenda utama pemilihan ketua periode 2011-2015 pada 19 November 2011). Kabiro LKBN Antara Jatim Ahmad Munir dan Abubakar Yarbo (redaktur senior Harian Memorandum) saat itu bertarung memperebutkan kursi Ketua Umum PWI Jatim 2011-2015. Dan akhirnya dimenangkan Ahmad Munir. (jal/foto;busan)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait