Sabtu, 27 April 2024

WAGUB KENALKAN KAWAH IJEN DAN BROMO PADA PEMAIN GOLF ASEAN

Diunggah pada : 26 Juni 2011 5:56:55 14
thumb

Wakil Gubernur Jawa Timur Drs H Saifullah Yusuf di sela-sela penutupan turnamen golf Indonesia Men Amateur Open (IMAO) 2011 di Finna Golf & Country Club Resort Prigen Pasuruan, Jumat (24/6) malam memperkenalkan Kawah Ijen dan Lautan Pasir Gunung Bromo kepada pemain golf ASEAN.

 Saifullah Yusuf mengatakan kepada peserta ASEAN seperti Singapura, Mayasia, Filipina dan Thailand agar menyempatkan diri untuk berwisata ke Kawah Ijen yang terkenal dengan alam dan kawahnya yang berasap biru keputihan sangat indah jika dilihat pada pagi dan sore hingga malam hari.

Wagub Saifullah bercerita, Gunung Ijen (Kawah Ijen) adalah gunung yang masih aktif yang tingginya 2443 dari permukaan laut sebelumnya pernah meletus pada tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936. Gunung ini mempunyai kawah belerang (Sulfur) menguap konon terbesar didunia merupakan bagian dari Taman Nasional Alas Purwo antara Bondowoso dan Banyuwangi dan tiap tiap tahun menjadi tujuan utama sekitar 10 ribu wisatawan Eropa.

Gunung Bromo berketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut, panorama elok terpancar saat memandang pesona alam yang tidak akan pernah ada habisnya. Gunung Bromo berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti Brahma atau seorang dewa yang utama dan terletak dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Daya tarik Gunung Bromo yang istimewa adalah kawah di tengah dengan lautan pasirnya yang membentang luas di sekeliling kawah Bromo, mengepulkan asap putih. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo. Ketinggian yang relatif “rendah” untuk ukuran gunung membuat perjalanan menuju Gunung Bromo relatif mudah.Itulan bagian keindahan salah satu tempat wisata di Jawa Timur.
            Selain itu Wagub berharap para para peserta turnamem golf di Finna Golf Prigen tersebut suatu saat bisa kembali ke Jawa Timur dengan membawa teman atau kerabat sanak saudaranya selain bermain golf juga untuk berwisata. Karena Jawa Timur yang terletak di antara Bali dan Yogyakarta selain mempunyai lapangan golf bertaraf internasional juga mempunyai tempat-tempat wisata yang menarik dan mengesankan bagi yang mengunjunginya. 

Ketua Persatuan Golf Indonesia Jawa Timur, Abdul Hamid, mengatakan turnamen golf bergengsi IMAO 2011 ini berlangsung di Finna Golf & Country Club Resort Prigen, Kabupaten selama 21-24 Juni 2011. Di turnamen ini Thailand sebai juara pertama disusul Indonesia sebagai juara ke dua.

Disayangkan, Suprapto yang merupakan pimpinan tim Indonesia justru gagal mempertahankan gelar juaranya. Dia hanya dapat meraih peringkat kedua. Sementara, untuk juara pertama disabet oleh Natipong Sritong, pegolf asal Thailand. Suprapto, yang pernah menjuarai IMAO 2010 menduduki peringkat dua.

Sementara Suprapto mengatakan, turnamen ini memang jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Sebab, pada turnamen golf kali ini banyak pegolf bertaraf internasional  dari luar negeri yang ikut dalam turnamen.

Ditambahkan, sebenarnya lawan terberatnya bukan hanya Natipong Sritong. Tetapi masih banyak pegolf dari luar negeri. Di antaranya dari Thailand, Malaysia, Singapura. Para pegolf tersebut juga atlet Sea Games.       

"Sebenarnya sih kita imbang. Cuma ya, mungkin dia lebih beruntung dan saya kurang beruntung hari ini. Kalau skornya sih memang beda yang lapangan terakhir aja. Mungkin karena faktor kesiapannya aja," ujarnya

Kejuaraan golf bergengsi Indonesia Men Amateur Open ke-21 ini diikuti oleh 91 orang pemain. Mereka berasal dari lima negara, masing-masing Singapore 9 orang pemain, Thailand 4 orang pemain, Malaysia 3 orang pemain, Philippines 2 orang pemain, Australia 1 orang pemain dan 72 orang  pemain lainnya berasal dari Indonesia .    
Sebagai tuan rumah, selain menurunkan pegolf terbaiknya yang kini berada di dalam pelatnas PGI, The 21th Indonesia Men Amateur Open Championship 2011 juga diikuti oleh pegolf handal dari seluruh Pengprov PGI di tanah Air. Keikut-sertaan mereka dalam event tersebut adalah untuk memberi kesempatan bertanding sebanyak-banyaknya sebelum mereka bertanding di ajang babak kualifikasi PON 2012, yang akan berlangsung di Palm Hill Golf Course pada September mendatang.(ryo,sti)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait