KERAPAN SAPI PIALA PRESIDEN 2010 DIGELAR OKTOBER

UMUM | 06 Sep 2010 01:40:49 PM

Kerapan Sapi memperebutkan Piala Bergilir Presiden Republik Indoensia 2010 diadakan 24 Oktober mendatang. Rencananya kegiatan ini akan digelar di stadion R Soenarto Hadiwidjoyo Pemekasan.
Kepala Badan Koordinasi Wilayah Pemerintah dan Pembangunan Pamekasan, Ir Eddy Santoso MM, Senin (6/9) mengatakan, kini Pemkab Pamekasan sudah dalam tahap persiapan pelaksanaan. Mulai dari koordinasi dengan ke empat kabupaten di Madura, pelaksanaan dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur hingga koordinasi dengan pihak pengembang di bidang pariwisata, ekonomi sosial serta bidang lainnya.
Kesemuanya, kata Eddy, sudah menunjukkan persiapan yang matang utamanya kabupaten yang ada di Madura. Kegiatan ini diadakan secara rutin tiap tahun untuk melestarikan budaya dan menarik minat wisata Madura.
Namun kali ini tempat pelaksanaan, yakni di Stadion R Soenarto milik yayasan Dharma Siswa, kondisi fisiknya rusak utamanya pada atap tribune utama sebelah timur yang perlu ada perbaikan terhadap lantai papan yang sudah tidak memenuhi persyaratan  teknis.
Oleh karena itu, karena kerapan sapi merupakan agenda tahunan, kata Eddy, diharapkan ke depan perlu dibangun stadion baru di atas tanah yang telah disiapkan oleh Pemkab Pamekasan.
Kerapan Sapi merupakan pariwisata andalan yang banyak mendatangkan Wisatawan Manca Negara dan Wisatawan Nusantara. Karapan Sapi  ini biasanya dilaksanakan pada bulan September hingga bulan November, yang puncaknya memperebutkan Piala Presiden yang dikenal dengan sebutan Kerap Gubeng.
Dalam kegiatan ini juga digelar Festival Sapi Sonok, ini merupakan kontes pasangan sapi betina yang terdiri dari jenis ras Madura. Kriteria penilaian kontes ini, yaitu di lihat dari kecantikan, penampilan, dan kekompakan dalam berlaga di arena kontes.
Di Kabupaten Pamekasan, lokasi kontes sapi sonok terletak di Desa Waru Barat Kecamatan Waru sekitar 34 Km arah utara dari Kota Pamekasan, dengan kondisi jalan aspal dapat ditempuh dengan menggunakan sarana transportasi mobil angkutan umum.(sti)

Views 3055
Web Statistic