Sabtu, 27 April 2024

BPPKB JABAR TIMBA ILMU KE BPPKB JATIM

Diunggah pada : 19 April 2010 16:48:28 10
thumb

Badan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana (BPPKB) Jawa Barat mendatangi kantor BPPKB Jatim guna study banding. Pihak BPPKB Jabar merasa perlu mempelajari program-program yang disusun BPPKB Jatim dimana selama empat kali berturut-turut menerima penghargaan Parahita Ekapraja.
Kepala Bidang Kelembagaan Pengarus Utamaan Gender dan Pengarus Utamaan Anak BPPKB Jatim, Dra DK Wardhani Danu Kusumo, MM, di kantornya, Senin (19/4) mengatakan, sebelumnya BPPKB Jabar meminta sharing ke BPPKB Jatim guna mengetahui program-program yang diterapkan sehingga berhasil terutama dalam kesetaraan gender.
“Keberhasilan Jatim untuk mempertahankan penghargaan terkait kesetaraan gender ini untuk kali keempat merupakan prestasi yang harus dipelajari bagaimana rahasia suksesnya. Itu karena Jabar belum pernah mendapatkan penghargaan Parahita Ekapraja,” ujarnya.
Salah satu yang menjadi keberhasilan yaitu, Jatim dinilai Pemerintah Pusat memiliki komitmen tinggi dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender. Penilaian diberikan berdasarkan hasil evaluasi atas pelaksanaan kebijakan dan program pemberdayaan perempuan yang responsif gender. Komitmen tersebut misalnya, terlihat dari rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jatim Tahun 2009-2014, yang memandatkan peningkatan kualitas kehidupan dan peran perempuan, serta terjaminnya kesetaraan gender.
Selain itu, terbitnya SK Gubernur Jatim nomor 188/284/KPTS/013/2009 tentang Lokasi dan Alokasi Penerima Bantuan Keuangan Pemberdayaan Perempuan Pengembang Ekonomi Lokal (P3EL) Prov Jatim Tahun Anggaran 2009.
Begitu pula SK Gubernur Jatim nomor 188/286/KPTS/013/2009 tentang Desa/Kelurahan dan Kecamatan Lokasi Penyelenggaraan Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di Jawa Timur Tahun Anggaran 2009. Serta SK Gubernur Jatim nomor 188/436/KPTS/013/2009 tentang Tim Pengelola Pusat Pelayanan Terpadu Korban Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Timur Tahun 2009.
BPPKB Jabar ingin mengetahui bagaimana pelayanan terhadap penyelesaian masalah pada perempuan dan anak di Jatim sekaligus berbagi solusi terhadap masalah yang ada. Selain sharing yang dilakukan di kantor BPPKB, rombongan ini juga diantar untuk mengunjungi PPT Jatim di Komplek RS Bhayangkara Mapolda Jatim dan mengunjungi kota layak anak yaitu di Sidoarjo.
Sementara itu pada pameran pelayanan publik di Malang pekan lalu, stand BPPKB mendapatkan predikat stand  kecil berpenampilan menarik. Stand itu juga mendapat perhatian dari pengunjung karena memberikan pelayanan konsultasi terhadap masalah-masalah yang dihadapi pengunjung dan langsung mendapat solusi dari petugas.(raa)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait