Sabtu, 27 April 2024

PRA MUSREMBANG DIJADIKAN AJANG SATUKAN PERSEPSI KAB/KOTA DAN PEMPROV

Diunggah pada : 5 April 2010 15:44:46 12
thumb

Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi (Musrembangprov) tahun 2010 di Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) diharapkan dijadikan ajang untuk menyatukan persepsi antara pemerintah kabupaten/kota dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. 
Kepala Bidang Prasarana Wilayah (Kabid Praswil) Bappeda Jatim, Ardi Prasetyawan, pada acara Pra Musrembangprov Tahun 2010, di kantor Bappeda Jatim Jl Pahlawan Surabaya, Senin (5/4) mengatakan, Pra Musrembang Prov tahun 2010 ini merupakan forum sinkronisasi yang berfungsi sebagai forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam proses penyusunan kegiatan prioritas atas aspirasi dari kabupaten/kota. Tentunya, penyusunan itu dihasilkan (upload) pada portal www.musrembang-jatim.net dalam penyusunan RKPD Prov Jatim tahun 2011.
    Dia menjelaskan, forum ini merupakan amanat dari Undang-Undang (UU) 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah. Artinya, forum ini sebagai wahana partisipasi masyarakat untuk menyamakan persepsi, membangun komitmen bersama, dan memadukan langkah-langkah di dalam mengatasi permasalahan pembangunan, baik yang berskala nasional maupun berskala daerah.
    Selain itu, melalui forum ini, diharapkan lebih meningkatkan kualitas koordinasi perencanaan pembangunan sekaligus di dalam menyamakan persepsi, menyatukan komitmen dan langkah-langkah konkrit kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. “Sebelum dilaksanakannya Musrembang Prov Jatim tahun 2010 di tingkat Bakorwil ini, terlebih dahulu perlu diselenggarakannya kegiatan pra Musrembang dulu,” ujarnya.
    Tujuan penyelenggaraan ini, untuk melakukan prioritas atas aspirasi dari bawah (bottom up process) yaitu dari kabupaten/kota dengan narasumber keputusan baik SKPD Prov, Bappeda Jatim, maupun pihak aspirator yaitu kabupaten/kota. Disamping itu, pada tahapan pra musrembang ini akan dihasilkan indikasi kegiatan yang memiliki manfaat lintas wilayah yang merupakan indikasi kegiatan program pada SKPD Prov Jatim.2011, setelah sebelunya melalui tahap pembahasan pada Musrembang Provinsi.
    Hasil yang diharapkan dari kegiatan pra Musrembang ini, usulan kegiatan kabupaten/kota yang telah disepakati akan berdasarkan instrument prioritas yang telah disepakati pada sidang. Selanjutnya, akan dipergunakan sebagai bahan Musrembang Prov Jatim pada 14-16 April mendatang.  (ris)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait