Jumat, 26 April 2024

UNESA BERHARAP CAPAI WORLD CLASS UNIVERSITY

Diunggah pada : 26 Maret 2010 13:59:37 1
thumb

Persaingan di perguruan tinggi (PT) swasta maupun negeri di Indonesia, memaksa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk mencapai kampus yang berstatus World Class University (WCU). Karena itu, WCU dapat menjadi magnet dalam menarik minat masyarakat untuk mendaftar ke Unesa.
'Kita semua paham status WCU ini, bisa dapat menjadikan citra kampus yang lebih baik karena itu banyak kampus yang menginginkan untuk menjadi WCU,' ujar Rektor Unesa, Prof Dr  Haris Supratno saat dikonfirmasi, Jumat (26/3).
Menurut dia, banyak keuntungan yang diperoleh jika kampus menerapkan sistem WCU ini, salah satunya adalah lulusan kampus WCU akan diakui secara kualitasnya di seluruh dunia, karena mereka memiliki ijazah yang bertaraf internasoinal.
“Kuliah di WCU ini akan menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, sehingga bisa memungkinkan mahasiswa untuk dapat mengasah kemampuan dalam berbahasa. Di WCU ini juga menerapkan dua kurikulum, yaitu lokal dan internasional,' ujarnya.
Bahasa ini penting, kata Haris, pihaknya saat ini masih banyak dari lulusan perguruan tinggi cenderung mereka kesulitan dalam melakukan komunikasi dengan orang asing. 'Yang pasti untuk bekerja tidak hanya di Indonesia saja, karena pekerjaan banyak tersedia di luar negeri. Sehingga wajar jika lulusan perguruan tinggi harus pandai berbahasa Inggris,' ujanrya.
Lebih lanjut Haris menjelaskan, saat ini yang menjadi tugas berat Unesa adalah mengawal agar WCU dapat terwujud. Menurutnya, sebagai lembaga pendidik dan tenaga kependidikan (LPTK) Unesa diharapkan mampu meraih WCU. 'Unesa ini sudah lama berdiri dan sudah banyak menelorkan para wisudawan atau lulusan jadi. Keinginan kita untuk maju dan bekembang sangat besar, salah satunya dengan manjadi WCU,' harapnya.
Haris menambahkan, dengan semangat wisudawan ke-68 ini, diharapkan bisa para lulusan Unesa tersebut dapat bersaing di dunia kerja dalam dan luar Indonesia. Rencananya, pada wisudawan ini akan dilaksanakan 27 Maret besok, di Unesa Lidah Wetan Surabaya, Unesa meluluskan 1.509 sarjana. (dra)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait